Jakarta (ANTARA News) - Lima belas pemain masuk daftar sementara pencetak gol terbanyak atau top skorer turnamen sepak bola Piala AFF Suzuki Cup 2010, termasuk Christian Gonzales sang penentu kemenangan Indonesia atas Filipina.

Gol tersebut merupakan gol kedua Gonzales pada turnamen bergengsi di Asia Tenggara itu. Gol pertama Gonzales tercipta ketika Indonesia mengalahkan Malaysia 5-1 pada babak penyisihan grup A. Kedua gol Gonzales itu tercetak pada babak pertama.

Usai laga melawan Filipina, Kamis, Christian Gonzales mengatakan, gol yang ia ciptakan dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia.

"Ini adalah tugas negara. Jadi gol yang saya ciptakan untuk masyarakat Indonesia yang terus mendukung timnas," kata Gonzales.

Lima pemain Indonesia lainnya yang masuk daftar pencetak gol terbanyak dengan dua gol yakni Irfan Bachdim, M Ridwan, Arif Suyono, Firman Utina, dan Bambang Pamungkas.

Selain itu, Sarayoot Chaikumdee (Thailand), Anh Duc Nguyen, Trong Hoang Nguyen, Vu Phong Nguyen (Vietnam), Aleksander Duric (Singapura), Chris Greatwich (Filipina), Mohd Amri, Norshahrul Idlan, Mohd Safee (Malaysia) juga masuk dalam daftar.

Para pemain tersebut masih memiliki peluang untuk merebut gelar pencetak gol terbanyak musim ini. Peluang untuk menambah gol pada Piala AFF 2010 masih terbuka.

Pertandingan yang masih akan berlangsung adalah semifinal kedua Vietnam-Malaysia pada Sabtu (18/9) dan semifinal kedua Indonesia-Filipina, Minggu (19/12). Jika menang atas Filipina maka Indonesia berhak lolos ke final yang akan digelar 26 dan 29 Desember yang akan datang.

(T009/F005/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010