Merak, Cilegon (ANTARA News) - Aktivitas penyeberangan Merak-Bakauheni kembali normal, setelah sebelumnya terjadi hambatan akibat gelombang tinggi disertai angin kencang.

"Sekarang sudah mulai lancar, dan ribuan unit truk, di antaranya bermuatan sembako dan pakan ternak bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni Provinsi Lampung," kata Manager Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry cabang Merak Endin Juhaendi di Merak, Minggu.

Ia menjelaskan, kondisi Pelabuhan Merak saat ini sudah kembali normal, sehingga tidak terjadi antrean, bahkan cenderung lenggang dan kosong.

Untuk melayani penyeberangan Merak-Bakauheni, dioperasikan 20 unit kapal Roro, dan jumlah itu cukup untuk mengangkut penumpang serta kendaraan yang akan menyeberang.

"Pada hari ini sampai dengan Kamis (23/12) kami mengoperasikan 20 kapal saja, tapi pada hari Jumat (24/12) hingga Minggu (26/12) akan menambah kapal, untuk mengatisipasi terjadinya lonjakan penumpang menjelang Natal dan Tahun Baru 2011," ujarnya.

Menurut dia, sejak pagi cuaca baik, sehingga pelayaran berjalan lancar.

Pantauan di lapangan, tidak ada lagi penumpukan truk di lapangan parkir Pelabuhan Merek. Ribuan kendaraan angkutan barang yang sejak tiga hari berada di lokasi itu sudah terangkut seluruhnya.
(ANT-152/S031/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010