Teheran (ANTARA News/Reuters) - Gempa berkekuatan 6,5 telah mengguncang Iran tenggara Senin, televisi negara Iran melaporkan, tapi seorang pejabat setempat mengatakan tidak ada laporan awal mengenai korban.

"Gempa itu terjadi pada pukul 2212 waktu setempat (pukul 1842 GMT) di provinsi Kerman ... gempa itu terasakan di banyak kota," televisi negara melaporkan.

Kantor berita setengah resmi Fars mengatakan gempa juga terasakan di provinsi Sistan-Baluchestan di Iran tenggara, yang berbatasan dengan Afghanistan dan Pakistan.

"Banyak orang meninggalkan rumah mereka di kota Zahedan ... Itu (gempa) juga terasakan di kota Bam, Khash dan Iranshahr," lapor Fars.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebutkan kekuatan gempa 6,3 dan mengatakan gempa itu 7,7 mil (12,3Km) dalamnya. Seorang pejabat di kantor gubernur provinsi Kerman mengatakan pada Reuters melalui telpon bahwa tidak ada laporan awal mengenai korban atau kerusakan.

"Tidak ada kerusakan di kota Bam, tapi kami merasakan gempa itu," Ali Reza, yang tinggal di kota itu, mengatakan pada Reuters.

Provinsi Kerman sangat mudah terkena gempa. Sebanyak 31.000 orang tewas ketika gempa meratakan dengan tanah Bam pada 2003.

Kerman bukan salah satu wilayah yang menghasilkan minyak di Iran, pengekspor minyak mentah terbesar keempat dunia. Iran berada di tempat yang rentan dan sering diguncang oleh gempa bumi.

Pada 2008 gempa berkekuatan 6,1 menghajar Bandar Abbas, di daratan dekat pulau Qeshm di Iran selatan, yang menewaskan sedikitnya tujuh orang dan melukai 40 orang. (S008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010