Jakarta (ANTARA News) - Indonesia yang menjadi Ketua ASEAN pada 2011 akan memajukan tiga pilar secara bersamaan yakni sosio-ekonomi, sosio-politik dan sosia-budaya, kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

"Dalam kekuatan Indonesia sebagai ketua pada 2011, ketiga program dalam pilar tersebut akan dimajukan secara selaras," kata Menlu Marty kepada pers di Istana Wapres Jakarta, Selasa.

Hal tersebut dikatakan Marty usai dirinya mengikuti rapat persiapan Indonesia menjadi Ketua ASEAN 2011 yang dipimpin Wapres Boediono dan diikuti antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Mendiknas M Nuh, Menkum dan HAM Patrialis Akbar, Mendag Mari Elka Pangestu, Menperind MS Hidayat, Mensos Salim Segaf Al Jufri, Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih, Menkeu Agus Martowardojo, serta Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono.

Dikatakan Marty, melalui program yang disampaikan Indonesia sebagai ketua ASEAN diharapkan akan mampu dicapai komunitas ASEAN 2015.

"Nanti sepanjang indonesia sebagai ketua kita akan mengadakan berbagai pertemuan untuk memastikan adanya `progress` dan pencapaian," kata Menlu.

Menurutnya, rapat itu merupakan tindak lanjut rapat kabinet paripurna yang diadakan minggu lalu.

"Kan anda ketahui Bapak Presiden meminta paparan dari Sekjen ASEAN di mana sekjen memaparkan beberapa hal terkait masalah keketuaan Indonesia di ASEAN 2011," kata Marty.

Presiden, katanya, memberikan arahan agar intinya Indonesia berhasil dalam keketuaan ASEAN bagi segi substansi maupun administratif.

Dalam rapat yang berlangsung lebih dua jam tersebut, kata Menlu, juga dibahas substansinya sesuai arahan Presiden bagaimana memastikan keketuaan Indonesia di ASEAN 2011.

"Pertama ada kemajuan dalam mencapai masyarakat ASEAN 2015 kemudian pandangan kita mengenai peran ASEAN di kawasannya, serta peranan komunitas ASEAN di masyarakat dunia pada umumnya, substansi maupun penyelenggaraan," tambah Menlu Marty.(*)
(T.A025/A041/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010