Carson, California (ANTARA News) - Pemain tengah AS dan Los Angeles Galaxy Landon Donovan akan tetap berada di Amerika Serikat saat libur musim, melewatkan peluang untuk dipinjamkan ke klub-klub Eropa.

"Meskipun saya menikmati waktu saya di Everton musim lalu dan masih menghargai semua dukungan fans mereka kepada saya, saya merasa penting untuk melanjutkan istirahat dan pemulihan saat libur musim ini dan menolak dipinjamkan," kata Donovan dalam pernyataannya, Selasa.

Pesepak bola Amerika itu dipinjamkan ke tim Liga Premier Inggris Everton pada Januari-Maret, mencetak dua gol dalam 13 pertandingan.

Permainannya di Inggris itu mengawali laga 10 bulan yang didalamnya termasuk putaran final Piala Dunia di Afrika Selatan - tempat Donovan mencetak tiga gol bagi Amerika Serikat - hingga ke playoff Major League Soccer (MLS) bersama Galaxy.

Donovan mengakui selama playoff MLS pada November bahwa ia merasa lelah secara mental.

"Kami kira yang terbaik bagi klub dan pemainnya adalah bahwa Landon melanjutkan istirahat saat libur musim dan memulai persiapan untuk tahun 2011 yang lebih menantang baik pada tingkat domestik maupun internasional," kata pelatih Galaxy Bruce Arena.

Manajer Everton David Moyes tampaknya sudah membuka kesempatan bagi pemain berusia 28 tahun itu untuk kembali, meskipun pada Agustus ia mengisyaratkan bahwa tampaknya Donovan akan terlalu mahal untuk dipinjam kedua kalinya.

Donovan, yang menghabiskan masa awal 2009 dengan dipimjamkan ke Bayern Munich, mengatakan, Everton adalah satu-satunya tujuan di Eropa yang ia pertimbangkan, tetapi pendapat untuk tetap tinggal di rumah adalah pilihan yang lebih bijak.

"Saya bermain nyaris tanpa henti selama dua tahun terakhir dan saya yakin bahwa keputusan ini akan memberi saya kesempatan untuk menampilkan yang terbaik bagi Galaxy dan tim nasional sepanjang tahun yang akan datang," katanya.
(F005/A008/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010