Simone Biles akan bersaksi di depan Senat terkait pemeriksaan Nassar

Simone Biles akan bersaksi di depan Senat terkait pemeriksaan Nassar

Atlet gimnastik asal Amerika Serikat Simone Biles berkompetisi balok keseimbangan putri dalam kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 di Ariake Gymnastics Centre, Tokyo, Jepang, Minggu (25/7/2021). REUTERS/Mike Blake/rwa/cfo (REUTERS/MIKE BLAKE)

Jakarta (ANTARA) - Juara Olimpiade Simone Biles menjadi salah satu pesenam yang bakal bersaksi di depan panel Senat Amerika Serikat pekan ini untuk menyoroti bagaimana lambannya FBI menangani laporan pelecehan seksual yang dilakukan mantan dokter tim senam AS Larry Nassar.

Selain Biles, sejumlah nama besar di senam AS yang akan hadir di depan panel termasuk MckYla Maroney, Magggie Nichols, dan Aly Raisman.

Keempat atlet putri itu merupakan sekian dari ratusan korban pelecehan seksual yang dilakukan Nassar, saat ia masih menjabat dokter internal USA Gymnastics, dengan dalih pengecekan medis rutin.

Baca juga: Simone Biles mengaku alami masalah kesehatan mental sebelum Olimpiade

Sidang pada Rabu itu digelar setelah Inspektur Jenderal Kementerian Hukum Michael Horowitz pada Juli mengeluarkan laporan sebanyak 119 halaman yang menyebut kantor FBI di Indianapolis "gagal merespon tuduhan Nassar dengan keseriusan dan urgensi tertinggi yang pantas dan dibutuhkan"

Penyelidikan dimulai pada 2015, dan sejumlah langkah yang salah telah diambil seperti harus menunggu lima pekan untuk melakukan wawancara telefon dengan salah satu atlet yang menjadi korban pada September. Laporan itu juga menyebut biro investigasi federal itu gagal mewawancarai beberapa korban lainnya.

Sejumlah kesalahan yang cukup banyak, seperti disimpulkan laporan itu, memungkinkan pelecehan seksual terus terjadi selama beberapa bulan.

Horowitz juga dijadwalkan untuk bersaksi tentang temuan laporan tersebut pada Rabu, bersama direktur FBI Chris Wray, demikian Reuters.

Baca juga: 10 atlet yang menjadi "wajah" Olimpiade Tokyo
Baca juga: Bulgaria runtuhkan dominasi Rusia dalam senam ritmik beregu

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Edisi PON Papua

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar