Jakarta (ANTARA News) - Kawasan pengendalian lalu-lintas di jalan utama Jakarta menjelang Natal dan libur bersama tidak memberlakukan aturan satu kendaraan roda empat harus minimal  berpenumpang tiga orang (Three in One).

Oleh karena itu, kendaraan roda empat dapat melintasi jalan utama tersebut hanya dengan satu atau dua penumpang, demikian informasi dari Traffic Management Center (TMC) Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya), Jumat.

Kendati demikian, kawasan Jalan Sudirman menuju Harmoni terlihat lancar dan tidak terlihat kepadatan arus lalu lintas seperti hari-hari biasanya.

Jalan MT Haryono mengarah ke Jalan Semanggi yang biasanya kendaraan roda empat selalu padat merayap hingga ke ruas Jalan Gatot Subroto pada Jumat terlihat lancar, dan kawasan Jakarta Timur lalu lintas dari arah Pondok Bambu-Kampung Melayu hingga masuk kawasan Tebet juga terlihat lancar.

Kondisi yang tidak jauh berbeda terlihat di lalu lintas di ruas Tol Dalam Kota yang arus kendaraan dari sekitar kawasan Cawang hingga masuk Semanggi cukup lancar, dan Mampang menuju perempatan Kuningan juga terpantau lancar.

Dari arah Grogol, lalu lintas mulai di sekitar jembatan layang (fly over) Grogol mengarah Simpang Tomang juga tampak lancar, dan Tol Jakarta-Tangerang arah Tomang dari Kebun Jeruk juga relatif lebih lancar pada Jumat pagi .

TMC juga melaporkan lalu lintas di dalam tol dari Cawang menuju Bekasi terpantau lancar, begitu pun dengan Cawang menuju Cibubur.

Namun, arus lalu lintas tol Cawang arah ke Cikampek tersendat karena terjadi kecelakaan mobil di km 50 dan saat ini masih dalam penanganan petugas yang ada di lapangan.

Tak hanya itu, kemacetan juga terjadi di pintu keluar Tol Ciawi karena banyaknya kendaraan yang antre menuju kawasan Puncak. Antrean di Pintu keluar Tol Ciawi mencapai satu kilometer.

Banyaknya kendaraan yang menuju kawasan Puncak, Bogor, menyebabkan petugas yang ada di lapangan melakukan proses jalan satu arah (one way) dari arah Gadog sampai dengan SPBU Tugu.

Polisi lalu-lintas memberlakukan sistem jalan searah secara bergantian (buka-tutup) arus lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, yang senantiasa ramai di kala musim liburan.
(T.S037/A011/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010