Palu (ANTARA News) - Persbul Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, akan merekrut tiga pemain asing guna menghadapi Divisi Utama Liga Indonesia 2011/2012, kata pelatih klub sepakbola tersebut, Kamaludin Lacanda.

"Kehadiran tiga pemain asing akan bisa membuat Persbul bertahan di Divisi Utama," katanya di Palu, Jumat.

Menurut dia, peta persaingan Divisi Utama sangat berbeda dengan Divisi I. "Banyak pemain asing yang berlaga di Divisi II, kalau kami tidak memakai pemain asing mungkin akan tersisih," kata pelatih berlisensi B itu.

Dia menuturkan, tiga pemain itu nantinya akan menempati posisi penyerang, gelandang, dan bagian pertahanan.

"Kami akan menghubungi agen pemain asing yang berada di Jakarta atau Surabaya agar bisa mendapatkan segera mendapatkan pemain," kata Kamaludin.

Dia menuturkan, pemain asing yang diharapkan adalah pesepakbola yang memiliki tenaga dan stamina yang kuat, di samping kemampuan olah bola yang di atas rata-rata pemain lokal.

"Selain itu, kemampuan kerja sama tim juga harus dimiliki. Jadi, kami berniat melakukan seleksi hingga lima pemain asing untuk diambil tiga orang saja," katanya.

Persbul Buol lolos ke Divisi Utama Liga Indonesi karena berhasil menempati posisi kedua pada final Divisi I.

Saat ini Persbul Buol hanya bergantung pada duet penyerang Andri dan Imam Baihaqi. "Kalau kita memiliki penyerang yang lebih hebat, maka kita bisa bertahan di Divisi Utama yang akan digelar pertengan 2011," ujarnya.

Keberhasilan Persbul Buol lolos ke kompetisi Divisi II Liga Indonesia 2011/2012 tergolong mengejutkan karena perjalanan tim yang diketuai Bupati Buol, Amran Batalipu, tersebut sempat tersendat-sendat pada Divisi I Liga Indonesia yang berakhir pada awal Desember 2010.

"Saya salut dengan semangat juang anak-anak yang tak kenal lelah," kata Kamaludin.
(T.R026/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010