Wanci, Sultra (ANTARA News) - Satu unit kapal perpustakaan keliling dari Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Tenggara diserahkan kepada Kantor Perpustakaan Wakatobi, telah diserahkan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara HM Saleh Lasata, di Wakatobi, Kamis.

"Dinas Pendidikan Nasional memberikan bantuan satu unit kapal perpustakaan keliling itu karena wilayah Wakatobi terdiri dari pulau- pulau kecil yang luasnya lebih kecil dibandingkan dengan luas perairan lautnya," kata Kepala Kantor Perpusatakaan Wakatobi, La Mego, di Wanci, Jum`at.

Kapal perpustakaan keliling yang diterima dari Wakil Gubernur Sultra itu, akan segera dioperasikan untuk melayani masyarakat Wakatobi yang melakukan aktifitas di laut.

"Kapal ini berfungsi seperti mobil perpustakaan keliling kalau di wilayah daratan," katanya.

Menurut La Mego, selain kapal tersebut, Dinas Pendidikan Nasional Sultra juga memberikan bantuan buku sebanyak 1.250 buah.

"Buku sebanyak itu, untuk mengisi kapal Perpustakaan Keliling yang baru kita terima dari Wagub Sultra kemarin," katanya.

La Mego mengatakan, sekitar 97 persen wilayah Wakatobi terdiri dari laut, sehigga masyarakatnya lebih banyak menggantungkan hidup dan beraktivitas di laut.

Oleh Karena Wakarga Wakatobi lebih banyak beraktivitas di laut itu kata La Mego, maka Dinas Pendidikan Nasional Sultra memberikan bantuan satu unit kapal, untuk digunakan sebagai perpustakaan keliling.

"Kabupaten-kabupaten di daratan Sultra, diberikan bantuan mobil sebagai perpustakaan keliling karena masyarakatnya lebih banyak beraktvitas di daratan," katanya.

Selain bantuan dari Perpustakaan Wilayah Sultra tersebut, Perpustakaan Wakatobi kata La Mego, juga mendapat alokasi dana dari APBD Wakatobi untuk pengadaan 2.000 buku yang akan disalurkan ke perpustakaan desa yang tersebar di 100 desa dan kelurahan.(*)

ANT/M012

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010