Peshawar, Pakistan (ANTARA News/AFP) - Gerilyawan Taliban di Pakistan baratlaut menyerang dua truk yang mengangkut pasokan NATO Rabu pagi, menewaskan sorang sopir dan mencedrai dua orang lainnya, kata para pejabat.

Enam gerilyawan bersenjata senapan-senapan seribu melancarkan serangan di Landikotal, satu kota di distrik suku Khyber, Pakistan di perbatasan dengan Afghanistan, kata para pejabat.

Para pejabat Pakistan bulan ini melaporkan serangan-serangan pesawat Amerika Serikat di Khyber, tampaknya memperluas cakupan program serangan udara yang sebelumnya ditargetkan pada para komandan Al Qaida dan Taliban di daerah suku tu.

Para gerilyawan mulai menembak dari bukit-bukit. Seorang sopir satu truk tewas di tempat , sementara pembantunya dan seorang sopir truk lainnya cedera," kata pejabat pemerintah lokal kepada AFP.

Para pejabat intelijen mengatakan para penyerang melarikan diri setelah serangan itu dan mengkonfirmasikan truk-truk itu mengangkut barang-barang untuk pasukan NATO di Afghanistan.

Pakistan menutup perlintasan perbatasan timur laut utamanya bagi kendaraan-kendaraan yang mengangkut pasokan NATO pada 30 September selama 11 hari setelah satu serangan helikopter NATO di lintas perbatasan menewaskan dua tentara Pakistan.

Pasokan-pasokan dan peralatan yang diperlukan pasukan asing di Afghanistan dikirim melalui Pakistan, kendatipun pasukan AS meningkatkan penggunaan rute-rute alternatif melalui Asia tengah.

Sejumlah kendaraan pasokan NATO hancur akibat ditembaki dan dibakar sementara perlintasan perbatasan itu ditutup, dengan gerilyawan Taliban bertekad untuk mengganggu rute itu dan membalas serangan-serangan pesawat AS di daerah suku Pakistan itu.(*)
(Uu.H-RN/B002/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010