Jakarta (ANTARA News) - Mahkamah Agung (MA) mengaku telah menyiapkan pengganti hakim konstitusi Arsyad Sanusi yang akan memasuki masa pensiun 1 Mei 2011.

"Ada tiga hakim yang sedang kami pantau untuk diseleksi dan siapkan mengganti Pak Arsyad," kata Ketua MA Harifin A Tumpa saat konferensi akhir tahun di Jakarta, Jumat.

Ketua MA mengungkapkan bahwa Arsyad Sanusi memasuki usia 67 tahun pada pertengahan April 2011 dan pensiun per 1 Mei 2011.

"Untuk saat ini belum ada seleksi-seleksi, masih lama kan waktunya. Kami baru menyeleksi hakim mana yang cocok dan bisa jadi hakim di MK," kata Harifin.

Ketua MA akan mencari hakim tersebut dari hakim Pengadilan TUN, hakim umum dan atau dari hakim lainnya.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Hakim Konstitusi Arsyad Sanusi menyatakan akan mengundurkan diri walaupun dirinya tidak terbukti melanggar kode etik hakim terkait keterlibatan keluarganya dalam kasus suap Panitera Pengganti MK Makhfud.

Arsyad juga menegaskan bahwa sikap untuk mundur menjadi hakim konstitusi untuk menjaga nama baik MK.

Selain masalah tuduhan suap tersebut, kata Arsyad, pengajuan pensiun atas dirinya sudah dilakukan.

Arsyad menyebut masa jabatannya akan berakhir pada 14 April 2011 karena umurnya mencapai 67 tahun dan perpanjangan masa kerja hingga 70 tahun karena RUU tentang masa pensiun hakim Agung dan Hakim Konstitusi telah disetujui.

(J008/A011/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010