Yogyakarta (ANTARA News) - Sekitar 3.000 pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta dan masyarakat yang tergabung dalam sejumlah komunitas sepeda menggelar kegiatan bersepeda bersama untuk menyambut pergantian tahun 2011.

Kegiatan bersepeda di Jumat malam pergantian tahun 2010 ke 2011 tersebut dimulai dari komplek Balai Kota Yogyakarta dan dipimpin langsung oleh Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto didampingi oleh sejumlah jajaran muspida.

Komplek Balai Kota Yogyakarta sudah mulai dipenuhi oleh rombongan pesepeda sejak pukul 20.00 WIB meskipun seluruh peserta baru diberangkatkan sekitar pukul 21.45 WIB.

Sejumlah pesepeda bahkan tampil dengan kostum unik, seperti mengenakan surjan dan blankon atau mengenakan pakaian bergaya prajurit Indonesia pada masa perang kemerdekaan.

Beragam jenis sepeda, mulai dari sepeda antik, sepeda gunung, sepeda tandem, sepeda lipat, sepeda tinggi hingga sepeda fixie yang kini menjadi tren di kalangan pemuda turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Sembari menunggu waktu keberangkatan, peserta dihibur dengan sejumlah pertunjukan kesenian di panggung yang didirikan di komplek Balai Kota Yogyakarta.

Dari Balai Kota Yogyakarta, seluruh peserta kemudian menempuh rute melalui Jalan Kenari, Jalan Mataram dan masuk ke Jalan Malioboro untuk kemudian finish di Plaza Serangan Oemoem 1 Maret.

Plaza Serangan Oemoem 1 Maret akan menjadi pusat berkumpulnya seluruh kegiatan peringatan menyambut malam pergantian tahun yang digelar oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

Di jantung Kota Yogyakarta tersebut, digelar sejumlah acara dengan tema besar "batik on stage", di antaranya pegelaran busana dari batik dan sebuah persembahan mahakarya tentang batik bagi masyarakat Jawa.

Ketua Komunitas Pasebaningrat, paguyuban sepeda yang beranggotakan pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta, Kris Sardjono Sutedjo mengatakan, kegiatan tersebut digagas sebagai upaya menumbuhkan kecintaan masyarakat untuk terus memanfaatkan sepeda sebagai sarana transportasi untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

"Apalagi Pemerintah Kota Yogyakarta telah meluncurkan gerakan `Sego Segawe`. Gerakan itu harus terus didukung," kata Kris.

"Sego Segawe" atau sepeda kanggo sekolah lan nyambut gawe (sepeda untuk bersekolah dan bekerja) adalah program yang digagas oleh Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto untuk menumbuhkan kembali penggunaan sepeda untuk kegiatan sehari-hari.

Ia mengatakan, misi dari kegiatan bersepeda menyambut malam pergantian tahun tersebut adalah mengajak masyarakat untuk bergembira tanpa menimbulkan polusi.

"Bahkan jika mungkin, sepanjang Jalan Malioboro bisa dipenuhi oleh pesepeda. Setidaknya kami mengerahkan 50 persen dari total pegawai di setiap SKPD (satuan kerja perangkat daerah) untuk kegiatan bersepeda malam tahun baru ini," ujarnya.

Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto, melalui kegiatan tersebut mengajak masyarakat untuk menikmati kenangan detik-detik pergantian tahun dengan udara yang lebih bersih dan suasana yang lebih bersahabat.

"Ayo nikmati malam tahun baru 2011 dengan bersepeda bersama-sama menyerbu titik nol kilometer," kata Herry.(*)
(U.E013/H008/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010