Johannesburg (ANTARA News) - Sebanyak 10 orang tewas selama pesta menyambut Tahun Baru di Afrika Selatan akibat berdesakan di satu bar penuh pengunjung di kotapraja Ipelegeng, kata polisi setempat, Sabtu.

Penyelidikan telah dilakukan mengenai penyebab tragedi tersebut, yang terjadi di dekat lantai dansa bar di Ipelegeng, sekitar 200 kilometer di sebelah barat Johannesburg di provinsi North West.

"Ketika polisi dikerahkan ke lokasi, mereka mendapati bahwa terjadi desak-desakan di bar tersebut dan 10 orang telah tewas," kata wanita jurubicara polisi Adele Myburgh kepada AFP.

"Penyebab pasti desak-desakan itu pada tahap ini akan dipastikan oleh penyelidikan polisi dan kami tak memberi identitas khusus mengenai korban pada tahap ini, karena keluarga korban belum diberitahu dan sebagian belum diidentifikasi secara resmi," katanya.

Myburgh menambahkan, banyak orang di bar itu adalah salah satu faktor yang sedang diselidiki oleh polisi.

Para pejabat setempat menyerukan penyelidikan lengkap dan seksama.

"Seseorang mesti dimintai pertanggung-jawaban atas kejadian tersebut yang merampas nyawa berharga dari banyak keluarga dan masyaraka," kata Desbo Mohono, pejabat yang dipilih untuk melaksanakan tugas perumahan.

"Kami bingung dan sedih akibat kematian tersebut," katanya menambahkan.
(Uu.SYS/C/Z002/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011