Medan (ANTARA) - Polda Sumatera Utara mengirimkan sebanyak 24 personel Brimob untuk mengawal atlet kontingen Sumatera Utara yang bertanding pada PON XX di Provinsi Papua, Oktober 2021.

Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak mengatakan pihaknya menurunkan personel khusus dari Brimob demi memberi jaminan keamanan bagi atlet, pelatih dan ofisial yang tergabung dalam kontingen Sumatera Utara di PON Papua.

"Kita mengirimkan 24 personel Brimob untuk mengamankan para atlet Sumut yang akan bertanding," kata Panca saat menghadiri peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Medan, Minggu.

Ia menegaskan upaya pengamanan ini dilakukan agar semua atlet, pelatih maupun ofisial di Papua dapat pulang dengan selamat tanpa ada gangguan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Keamanan mereka itu dijaga, dijamin oleh kita semua sehingga mereka bisa maksimal untuk melaksanakan perlombaan dan mencapai hasil yang maksimal," tegas Panca. 

Panca menyebutkan sebanyak 24 personel yang dikirimkan ke PON Papua untuk mengamankan kontingen Sumut nantinya akan disebar ke tiga wilayah, yaitu Kotamadya Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Mimika.

Saat ini, pihaknya sudah memberangkatkan secara bertahap personel dari Brimob untuk mengamankan atlet yang menuju Papua.

"Mereka sudah berangkat enam orang, tinggal 18 lagi di sini yang nanti akan bertahap berangkatnya," ujar Panca. 

Baca juga: KONI Sumut optimistis perbaiki peringkat di PON Papua 
Baca juga: KONI Sumut sediakan psikolog motivasi atlet PON 
Baca juga: Atlet PON Sumut sudah 100 persen divaksin COVID-19 

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021