PBB (ANTARA News) - Sekjen Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Ban Ki-moon Sabtu menegaskan bahwa dia siap memberikan bantuan yang tepat dalam memfasilitasi perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea bekerja sama dengan negara-negara yang bersangkutan.

Sekretaris Jenderal membuat pernyataan itu dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak.

Kedua pihak mendiskusikan situasi terakhir di Semenanjung Korea, kata siaran pers yang dibacakan oleh juru bicara Sekretaris Jenderal PBB di sini.

Sekretaris jenderal menghargai komitmen Lee untuk memecahkan masalah nuklir semenanjung melalui Pembicaraan Enam Pihak, tambahnya.

"Sekjen kembali menegaskan kesiapannya untuk memberikan bantuan, sebagaimana mestinya, dalam memfasilitasi perdamaian dan stabilitas di daerah dalam koordinasi yang erat dengan negara-negara yang bersangkutan," ujarnya.

Ban mengucapkan selamat kepada Presiden Lee Myung-bak dan rakyat Korea Selatan atas sukses penyelenggaraan KTT G-20 di Seoul dan pelanjutan pembangunan ekonomi dan sosial negara pada 2010.

"Dia juga memuji kontribusi aktif Korea Selatan untuk bekerja dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa, termasuk melalui peningkatan bantuan pembangunan luar negeri dan partisipasi yang lebih besar dalam operasi perdamaian, serta upaya global untuk mengatasi perubahan iklim dan mempromosikan pertumbuhan hijau," kata pernyataan itu.

Ban mengatakan kepada presiden bahwa dia berharap adanya kemajuan pada KTT Keamanan Nuklir 2012 yang akan diselenggarakan oleh Korea Selatan, suatu peristiwa yang secara signifikan akan memberikan kontribusi untuk memperkuat rezim non-proliferasi nuklir global.
(H-AK/H-RN/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011