Ini juga kita akan pastikan subholding-subholding Pertamina ini akan menjadi fondasi yang kuat bagi Pertamina menuju target valuasi 100 miliar dolar AS
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan cara agar target valuasi Pertamina sebesar 100 miliar dolar AS dapat tercapai.

"Ini juga kita akan pastikan subholding-subholding Pertamina ini akan menjadi fondasi yang kuat bagi Pertamina menuju target valuasi 100 miliar dolar AS, karena memang Pertamina sendiri sudah masuk 500 perusahaan global terbesar. Jadi tidak ada istilah turun, tapi harus terus naik," ujar Erick Thohir pada peresmian pabrik industri baja di Cilegon, secara virtual Selasa.

Menurut Erick Thohir, penting untuk menjaga fondasinya supaya pada tahun 2024, Pertamina bisa memiliki penjualan 92 miliar dolar AS dan keuntungan di 8 miliar dolar AS, sehingga valuasinya bisa mencapai 100 miliar dolar AS.

Baca juga: Erick Thohir tunjukkan hasil signifikan restrukturisasi Pertamina

"Kalau kita melihat sendiri performanya luar biasa dengan kita memfokuskan masing-masing subholding dan menjadikan ekspertise yang terbaik," kata Erick Thohir.

Erick Thohir juga menambahkan di hulu ada potensi temuan baru gas dan minyak yakni 204 juta barel. Hal ini merupakan kabar menggembirakan di kala terus menurunnyaproduksi nasional. Di hulu juga pada kuartal II tahun ini mencatatkan keuntungan 1 miliar dolar AS.

"Selama ini juga kilang dan petrochemical yang menjadi beban, kemarin juga sudah meraih keuntungan 280 juta dolar AS," ujar Erick Thohir. 

Baca juga: Sahkan subholding, Erick ingin valuasi Pertamina bisa 100 miliar dolar

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021