Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman resmi membuka pertandingan kickboxing yang menjadi satu dari sepuluh cabang olahraga eksibisi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.

Bertempat di Asrama Haji Kota Jayapura, Rabu, Marciano Norman juga mengapresiasi komitmen pembinaan yang dilakukan Pengurus Pusat Kickboxing Indonesia (PP KBI).

"Alhamdulillah, pada pagi hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam satu acara yang sangat sangat penting di dalam perjalanan pembinaan olahraga prestasi,” kata Marciano dalam keterangan resminya, Rabu.

Dalam kesempatan itu, ia berharap kickboxing Indonesia suatu saat dapat mengharumkan nama bangsa dan negara di pentas internasional.

Baca juga: KONI Pusat optimistis PON Papua berjalan lancar dan aman 

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua Umum PP KBI Ngatino menyampaikan harapan dan terima kasih kepada KONI yang telah memberikan kesempatan bagi kickboxing untuk menjadi cabang olahraga eksibisi di PON Papua.

Selain kickboxing, cabang olahraga eksibisi di pesta olahraga empat tahunan tersebut, antara lain esport, kurash, ju-jitsu, kabaddi, hapkido, pancalomba modern, sambo, trilomba dan paramotoring.

Marciano Norman mengatakan sepuluh cabang olahraga eksibisi tersebut baru akan secara resmi dipertandingkan di PON Aceh dan Sumatra pada 2024 mendatang.

Dengan kata lain, dalam edisi kali ini, sepuluh cabang olahraga eksibisi tersebut tidak memperebutkan medali. Sedangkan cabang olahraga resmi di PON Papua tercatat ada 37.

Beberapa di antaranya, yakni sofbol, telah melangsungkan pertandingan mulai hari ini, Rabu. Sementara PON Papua baru akan dibuka secara resmi pada 2 Oktober 2021. 

Baca juga: Peserta PON Papua yang langgar prokes bakal kena sanksi 
Baca juga: Seluruh kontingen di PON Papua bakal karantina selama lima hari 

 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021