New York (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada Kamis mengumumkan dirinya telah menunjuk eksekutif senior di perusahaan terkemuka JPMorgan, William M. Daley, sebagai Kepala Staf Gedung Putih yang baru.

Daley menggantikan kepala staf Gedung Putih sebelumnya, yaitu Rahm Emmanuel, yang mundur dari jabatannya karena mencalonkan diri sebagai wali kota Chicago.

Daley, yang saat ini bekerja di perusahaan bank investasi Amerika, JPMorgan Chase, dikenal memiliki pengalaman cukup lama di Gedung Putih, baik di belakang layar maupun tampil di depan publik.

Ia pernah menjadi menteri perdagangan pada pemerintahan Presiden Bill Clinton periode kedua.

Selain Rahm Emmanuel, dalam beberapa bulan terakhir ini sejumlah pejabat di Gedung Putih yang memiliki posisi penting dalam membantu Presiden Obama juga mengundurkan diri, antara lain penasihat bidang ekonomi Lawrence H. Summers dan Kepala Penasihat Keamanan Nasional (NSC) Laksamana James Jones.

Summers mundur dari jabatan penasehat ekonomi karena ingin kembali mengajar di Harvard University.

Hingga kini pengganti Summers belum ditentukan sementara Laksamana James Jones telah digantikan oleh wakilnya di NSC, Thomas E. Donilon.

Rabu (5/1) kemarin, giliran juru bicara Gedung Putih, Robert Gibbs, yang mengundurkan diri dari kantor Presiden Obama terhitung mulai awal Februari mendatang.

Setelah keluar dari lingkaran pemerintahan Obama, Gibbs akan menjadi penasehat politik Obama untuk kampanye pemilihan Presiden AS yang akan berlangsung tahun depan. (*)
(T.K-TNY/H-AK/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011