Sudin Pendidikan Jakbar I ajukan 500 siswa agar dapat kacamata gratis

Sudin Pendidikan Jakbar I ajukan 500 siswa agar dapat kacamata gratis

Pemeriksaan mata yang dilakukan Lions Club kepada siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 53 Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (23/9/2021) ANTARA / Walda

Pasalnya mata siswa rentan bermasalah karena kerap belajar melalui layar komputer jinjing atau telepon genggam selama belajar daring
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat I mengajukan 500 siswa untuk mendapatkan pemeriksaan mata dan kacamata gratis dari Yayasan Lions Indonesia.

"Kita mengajukan 500 siswa  untuk mendapatkan bantuan pada Kamis ini," kata Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat I Aroman saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

500 siswa itu merupakan siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berada di bawah naungan Sudin Pendidikan Jakarta Barat I di wilayah Cengkareng, Taman Sari, Kalideres dan Tambora.

Menurut Aroman, kesehatan mata menjadi hal krusial yang harus perhatikan. Pasalnya mata siswa rentan bermasalah karena kerap belajar melalui layar komputer jinjing atau telepon genggam selama belajar daring kurang lebih dari satu setengah tahun terakhir.

Dia pun berterima kasih kepada Yayasan Lions Indonesia lantaran mau berkontribusi membantu siswa mendapatkan pemeriksaan dan kacamata gratis.

"Kita tentunya mengucapkan terima kasih dengan kegiatan sosial ini. Kita harap bisa terus berkolaborasi untuk bantuan siswa SMA dan SMK dan seterusnya," kata dia.

Berdasarkan pemantauan pelaksanaan program yang dipusatkan di SMK 53 Cengkareng, Jakarta Barat melibatkan ratusan siswa sudah sedang mengantre di tempat duduk yang telah disediakan panitia.

Baca juga: Sudin Pendidikan Jakbar 2 tengah melaksanakan asesmen 194 sekolah

Tempat duduk pun berjarak sesuai protokol kesehatan dan seluruh peserta terpantau menggunakan masker

Sebelum pemeriksaan mata, mereka diwajibkan menjalankan tes swab  terlebih dahulu. Setelah itu mereka melakukan proses "screening"  mata.

Jika mata siswa dianggap tidak bermasalah saat proses "screening", maka siswa dipersilahkan untuk pulang. Namun jika bermasalah, siswa diharuskan mengikuti pemeriksaan lebih lanjut untuk mendapatkan kacamata gratis.

Baca juga: Wapres: Ada persyaratan bagi sekolah lakukan PTM terbatas

"Kita sediakan lensa dan kacamata gratis untuk siswa. Kacamata sendiri kita disponsori dari Essilor dan sponsor lain juga terlibat," kata Marketing Communication Yayasan Lions Indonesia, Irwin Indrawan, sebagai ketua panitia kegiatan saat ditemui di lokasi.

Kegiatan hari ini, lanjut dia, akan dibagi menjadi dua pelaksanaan yakni kloter satu pukul 08.00 sampai 10.00 dan kloter kedua dari pukul 10.00 hingga 12.00.

Irwin mengatakan Lions Club menargetkan 1.200 siswa bisa mendapatkan kacamata gratis agar masalah kesehatan mata di kalangan pelajar bisa teratasi.

Baca juga: Ini tahapan sekolah peminat PTM di Jakarta Barat

Sehingga, kegiatan belajar pun bisa dilakukan siswa dengan maksimal.

"Untuk target dari Lions Club sendiri 1.200. Hari ini target kita 600 siswa. Kita pastikan kegiatan ini akan terus kita lakukan," jelas Irwin.

Sebelumnya, pihak Iriwn juga telah melakukan kegiatan yang sama di wilayah Sudin Pendidikan Jakarta Barat I yakni sekolah SMPN 215 Meruya, Jakarta Barat, (21/9).

Tercatat ada 360 siswa hadir dalam kegiatan tersebut. Setelah melawati pemeriksaan, yang berhak mendapatkan kacamata gratis sebanyak 217 siswa.

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jabar masih di puncak klasemen, DKI salip Jatim

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar