Sydney (ANTARA News/AFP) - Gempa berkekuatan 6.9 skala Richter terjadi di bawah laut dekat negara pulau Vanuatu, Pasifik selatan, tetapi tidak ada peringatan Tsunami, kata badan Survai Geologi Amerika Serikat (USGS), Ahad.

Tidak ada segera laporan mengenai kerusakan akibat gempa yang terjadi pukul 21:03 waktu setempat (17:03 WIB) Minggu di kedalam 31,1 km, 110 km dari kota Isangel di pulau Tanna, kata USGS.

Gempa itu adalah yang terbaru dalam serangkaian gempa bawah laut dekat pulau itu, yang merupakan daerah gunung api yang aktip.

Gempa berkekuatan 7.3 skala Richter melanda daerah itu 26 Desember yang menimbulkan tsunami persis enam tahun gelombang raksasa yang menewaskan 220.000 orang di seluruh Samudra India, tetapi tidak ada laporan tentang kerusakan atau korban jiwa.

USGS mengatakan tsunami-tsunami kecil mungkin terjadi setelah gempa Minggu itu di lokasi-lokasi pantai yang pernah dihantam keras karena tanah longsor di bawah laut.

Tetapi Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan "tsunami di Pasifik yang menghancurkan diperkirakan tidak akan terjadi".

Vanuatu, yang terletak antara Fiji dan Australia masuk dalam

kelompok gunung berapi "yang terkenal dengan kegiatan seismik dan vulkaniknya disebabkan pergeseran antara lempengan-lempengan yang bergerak pada kulit Bumi.(*)
(Uu.H-RN/H-AK/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011