Doha (ANTARA News) - Persatuan Sepak Bola Arab Saudi memecat pelatih Jose Peseiro Minggu sesaat setelah tim mereka kalah memalukan 1-2 dari Suriah pada pertandingan Grup B Piala Asia.

Finalis 2007 dan tiga kali juara itu mengumumkan bahwa Nasser Al Johar akan mengambil alih pekerjaan pelatih berusia 50 tahun dari Portugal itu, selama berlangsung event di Doha, sebagaimana dikutip dari AFP. 

Tim Arab Saudi berharap dapat meraih gelar juara bersama saingan mereka seperti Jepang, Australia dan Korea Selatan, tetapi gebrakan yang dilakukan Abdulrazak Al Husein membuat mereka gagal menggulung Suriah.

Peseiro -- pelatih korban pertama di Piala Asia - - sebelumnya mendapat kritikan tajam karena gagal membawa tim mereka ke Piala Dunia dan sejak itu hubungannya dengan media Saudi kurang harmonis.

Media Saudi lagi-lagi mengritik dan mempertanyakan pada Peseiro tentang taktik dan pemilihan pemain dalam jumpa pers sebelum pertandingan dan terdengar tawa seolah mengejek ketika ia mengatakan timnya akan menang di Piala Asia.

Dengan hasil seri 1-1 antara Jepang dan Jordania pada laga lain Grup B, maka Suriah mencetak kemenangan besar dalam sejarah dan perayaan para pendukung tak ubahnya seperti mereka sudah memenangi turnamen itu.

"Saya tidak menyangka dapat memenangi pertandingan, saya hanya berharap kami dapat bermain dengan bagus," kata pelatih Suriah Tita Valeriu asal Romania, yang baru beberapa minggu menempati posnya dalam tim itu.

"Ini merupakan pertandingan besar. Saya baru saja melatih beberapa waktu di tim ini, tetapi kami merupakan formasi tim yang bekerja dengan baik. Saya kira itu merupakan kunci kemenangan ini," katanya. 
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011