PON Papua

Atlet dari lima cabang olahraga Maluku Utara tiba di Papua

Atlet dari lima cabang olahraga Maluku Utara tiba di Papua

Sebanyak lima cabang olahraga (cabor) dari 12 cabor yang diikuti Maluku Utara pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 yakni sepakbola, futsal, muay thai, sepatu roda dan tinju telah tiba di Provinsi Papua (Abdul Fatah)

Saat ini, berdasarkan laporan seluruh atlet Malut dalam keadaan baik dan akan fokus untuk bertanding
Ternate (ANTARA) - Atlet-atlet yang akan bertanding dalam lima cabang olahraga yakni sepak bola, futsal, muaythai, sepatu roda dan tinju dari total 12 cabang yang diikuti Maluku Utara (Malut) pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021, telah tiba di Provinsi Papua.

Sekertaris KONI Maluku Utara, Jasman Abubakar saat dihubungi dari Ternate, Jumat mengatakan, lima cabang olahraga sudah tiba di Papua, sedangkan tujuh cabang lainnya menunggu jadwal keberangkatan.

"Cabor karate, pencak silat, taekwondo, atletik, bulu tangkis, bermotor menunggu jadwal keberangkatan ke Papua," kata Jasman.

Baca juga: Kedatangan tim futsal Maluku Utara disambut warga di Timika

Terkait jadwal pertandingan, hanya sepak bola adan futsal yang jadwal pertandingan sudah keluar, sedangkan cabang lainnya masih menunggu drawing (pengundian) dari panitia setiap cabang olahraga.

"Saat ini, berdasarkan laporan seluruh atlet Malut dalam keadaan baik dan akan fokus untuk bertanding," katanya.

Untuk cabang futsal kata Jasman, Jumat ini mulai bertanding melawan Sulawesi Selatan, besoknya, Sabtu (25/9) akan menghadapi juara bertahan Jawa Barat, sedangkan untuk sepak bola, Maluku Utara akan menghadapi NTT, pada Minggu (26/9).

Jasman menyatakan, untuk jadwal cabang olahraga lainnya KONI Malut masih menunggu hasil pengundian.

Maluku Utara mengirimkan 50 atlet yang akan berlaga dalam 12 cabang olahraga, yakni sepak bola, bulu tangkis, futsal, atletik, tinju, pencak silat, karate, muaythai, dayung, balap motor, sepatu roda dan taekwondo. Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 akan berlangsung pada 2 hingga 15 Oktober 2021. Stadion Lukas Enembe menjadi lokasi utama penyelenggaraan PON XX Papua 2021.

Baca juga: Tim futsal Malut siap mainkan laga perdana di PON Papua

Sementara itu, Pelatih Cabor atletik Malut, Bahrin Omamoy menyatakan, Maluku Utara hanya diwakili satu atlet atletik pada PON ke-XX Papua yakni Irwandi Fokatea yang akan bertanding pada lari 1.500 meter.

Berdasarkan evaluasi, meskipun hanya mengirim satu atlet Irwandi Fokatea, namun pelari itu telah mempersiapkan diri secara matang dengan target meraih medali di PON Papua bisa terealisasi.

Menurut dia, setiap atlet yang berlatih pasti menargetkan untuk meraih medali dan ia berserah diri kepada Tuhan dan mengharapkan dukungan masyarakat agar atletik bisa meraih prestasi gemilang.

Ia mengatakan, Irwandi Fokatea akan berangkat ke Papua tanggal 1 Oktober 2021.

Persiapan selama dua tahun untuk berpartisipasi PON ke-XX di Papua dan ini merupakan dorongan, doa dan dukungan pelatih dan orang tua, sehingga target bisa meraih medali untuk Malut.

Baca juga: Tim futsal Maluku Utara targetkan medali di PON Papua

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sukses, Ketua Harian PB PON XX berterima kasih kepada Presiden

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar