Cilacap (ANTARA News) - Aksi mogok puluhan awak bus trayek Cilacap-Sidareja dan Cilacap-Sidareja-Pangandaran yang berlangsung sejak Senin (10/1) berlanjut pada hari ini.

Di terminal Sidareja, Cilacap, Selasa pagi, tidak ada satu pun bus yang melayani dua trayek tersebut, yang tampak hanya sejumlah bus trayek Purwokerto-Sidareja dan Purwokerto-Sidareja-Pangandaran tetap beroperasi melayani penumpang.

"Para awak bus jurusan Cilacap-Sidareja dan Cilacap-Sidareja-Pangandaran masih mogok. Mereka memilih berada di garasi perusahaan otobus (PO) masing-masing," kata Kepala Terminal Sidareja Fajar Eko Setiawan.

Puluhan awak bus dari 14 perusahaan otobus yang melayani trayek Cilacap-Sidareja dan Cilacap-Sidareja-Pangandaran, Senin (10/1), menggelar aksi mogok menuntut perbaikan ruas jalan Cilacap-Sidareja-Patimuan yang saat ini dalam kondisi rusak parah.

Kendati demikian, dia mengatakan, aksi mogok lanjutan tersebut tidak mengakibatkan penumpang terlantar.

Menurut dia, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Cilacap telah mengantisipasinya dengan mengerahkan sejumlah truk untuk mengangkut penumpang.

Selain itu, para calon penumpang juga telah mengetahui adanya aksi mogok lanjutan tersebut, sehingga kemungkinan mereka memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Cilacap Dian Setiabudi mengatakan, pihaknya telah mengerahkan lima truk bantuan dari Dalmas Polres Cilacap, Kesbangpolinmas, Satpol PP, BPBD, dan Bagian Umum Sekretariat Daerah Cilacap, sehingga tidak ada penumpang yang terlantar.

"Hari ini aksi tersebut memang masih berlanjut. Namun kami minta kepada seluruh awak bus untuk kembali beroperasi pada hari Rabu (12/1) sesuai komitmen bersama," katanya.

Menurut dia, dalam pertemuan sejumlah perwakilan awak bus dengan Balai Pelaksana Teknis (BPT) Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah Wilayah Cilacap pada Senin (10/1) telah ada kesepakatan jika ruas jalan yang rusak akan segera diperbaiki sehingga bus diminta untuk beroperasi kembali.

"Hari ini Bina Marga telah mengirim material untuk memperbaiki jalan rusak. Bahkan di Wringinharjo yang kerusakannya paling parah ada tiga truk pengangkut material untuk memperbaiki jalan tersebut," katanya.

BPT Dinas Bina Marga Wilayah Cilacap belum bisa dikonfirmasi terkait rencana perbaikan kerusakan jalan pada ruas Cilacap-Sidareja-Patimuan yang menuju Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Informasi yang dihimpun menyebutkan para pejabat struktural BPT Dinas Bina Marga Wilayah Cilacap sedang berada di Semarang untuk menghadiri pelantikan Kepala BPT Dinas Bina Marga Wilayah Cilacap pengganti Priyono yang telah memasuki masa purnatugas.

(KR-SMT/E005/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011