Manado (ANTARA News) - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laskono, melakukan kunjungan di Rumah sakit Umum Ratatotok Buyat, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut), Rabu.

Dalam kunjungan tersebut Menteri Agung Laksono, memasuki sejumlah ruangan pelayanan, untuk melihat secara langsung kondisi Rumah Sakit Umum (RSU) tersebut.

Kunjungan tersebut dilakukan Menteri usai pelaksanaan penyerahan bantuan Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Sulawesi Utara (YPBSU) untuk Pemberdayaan masyarakat di wilayah Kecamatan Ratatotok Minahasa Tenggara dan Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, serta serah terima secara resmi gedung RSU Ratatotok Buyat dan kelengkapannya, sertifikat tanah dari YPBSU kepada Kementerian Kesehatan.

Menkokesra Agung Laksono mengatakan, dibangunnya rumah sakit berikut kelengkapannya, merupakan salah satu program yayasan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, seiring dengan upaya dan tanggung jawab pemerintah dalam mewujudkan tujuan pembangunan millenium (Millenium Development Goals- MDGs).

"Oleh sebab itu, letak RSU Ratatotok yang dapat dijangkau masyarakat sekitar diharapkan bisa menjadi pusat informasi kesehatan dan digunakan pula sebagai sarana pelayanan seperti untuk bhakti sosial bersama institusi lain," katanya.

Agung Laksono meminta supaya gedung yang telah dibangun dengan baik ini dapat dipelihara serta dijaga.

"Meskipun rumah sakit ini tipe C, tetapi mutu dan pelayanan yang diberikan harus tipe A. Saya berharap agar dokter dan paramedis yang bekerja di RSU ini dapat melaksanakan tugas dengan baik," katanya.

Sementara Ketua YPBSU Indroyono Soesilo mengatakan, untuk tahun 2011, pada tahap awal yayasan akan memberikan tambahan bantuan untuk RSU Ratatotok Buyat, khususnya untuk peningkatan pelayanan tenaga medis seperti pemberian insentif untuk dua dokter umum di rumah sakit ini.

Selain itu, katanya, juga akan dilaksanakan pembangunan dan penambahan sarana dan prasarana penunjang antara lain, pembangunan rumah dinas untuk dokter spesialis, pengadaan mobil dinas untuk dokter.

Penambahan sarana ruang operasi bedah serta peralatan laboratorium untuk analisis kimia, analisis urin dan analisis haematologi.

"Selain itu juga akan dilakukan penambahan dokter spesialis, dokter konsulen, dokter ahli radiologi dan dokter umum," katanya.

Ikut dalam kunjungan ke RSU Ratatotok Buyat itu antara lain, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Dr Ratna Rosita MPH, Asiten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Sulut Alex Wowor, Kapolda Sulut Brigjen Pol Carlo Tewu, Bupati Minahasa Tenggara Telly Tjangkulung, Bupati Bolaang Mongondw Timur Sehan Lanjar.(*)

(T.J009/H-KWR/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011