London (ANTARA News) - Birmingham City telah meminjam David Bentley dari sesama tim Liga Premier Tottenham Hotspur hingga akhir musim, demikian diumumkan, Rabu.

Mantan pemain tengah Blackburn dan Arsenal itu bergabung dengan Spurs pada Juli 2008 dengan nilai 15 juta pound (24 juta dolar AS ) tetapi sejak itu gagal meraih tempat dalam tim reguler bersama klub asal London tersebut.

Bentley (26), menjalani pemeriksaan medis di Birmingham awal pekan ini dan sekarang sudah menyelesaikan kepindahannya ke klub Midlands tersebut.

Jika registrasinya diterima baik oleh Liga Premier dan Asosiasi Sepak Bola, Bentley akan bisa dimainkan untuk pertandingan derby dalam liga melawan Aston Villa di stadion Birmingham, St Andrew`s, Minggu.

"Kami senang memperoleh bantuan David. Ia adalah pesepakbola yang anggun dan akan meningkatkan kualitas tim," kata manajer City Alex McLeish, melalui laman resmi Birmingham, Rabu.

"Ia adalah pemain alami yang mampu memberi umpan atas dalam menyusun serangan. Dengan pemain seperti dia, (Alexander) Hleb dan (Sebastian) Larsson - yang mempunya konsistensi besar - kami mempunyai pemain kreatif.

"Bentley bisa membuat lebih banyak persaingan".

"Ia mempunyai momen di Spurs tetapi ada persaingan keras untuk meraih tempat di sana.

"Mereka berlimpah superstar. Dengan diperkenalkannya orang seperti (Rafael) van der Vaart, pemain sejenis itu, dan naiknya (Aaron) Lennon, membuat dia sangat kesulitan.

"Kualitasnya luar biasa dan mungkin ia bisa mengembalikan karirnya ke jalurnya lagi di sini."

Bentley telah tujuh kali memperkuat tim nasional Inggris, yang terakhir melawan Republik Ceko pada Agustus 2008.

Birmingham saat ini berada di urutan 15 dalam Liga Premier, hanya satu poin di atas zona degradasi, sementara Spurs di urutan keempat, demikian dilaporkan AFP.

(SYS/F005/A011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011