Srinagar, India (ANTARA/ NewsXinhua-OANA) - Tentara militer India terluka saat terjadi aksi saling tembak dengan pasukan Pakistan di garis perbatasan (Line of Control) yang membagi wilayah Kashmir, kata pejabat pertahanan India pada Kamis.

Pelanggaran gencatan senjata itu terjadi pada Rabu malam di sepanjang wilayah Krishna Ghati di sektor Poonch, sekitar 255 Km sebelah barat laut kota Jammu, ibu kota Kashmir yang masuk dalam wilayah India.

Menurut juru bicara militer India, pelanggaran gencatan senjata itu terjadi setelah pasukan Pakistan menembak tanpa ada provokasi tembakan dari pos penjagaan India.

"Pasukan Pakistan dari pos penjagaan di depan menembakkan beberapa roket dan senjata mesin berat kepada pos penjaga kami di wilayah Krishnaghati. Penembakan dimulai pada Rabu malam pukul 22.00 waktu setempat dan berlanjut selama beberapa saat. Pasukan kami juga melakukan tembakan balasan dan dalam kondisi tersebut seorang tentara kami terluka," kata pejabat senior militer India yang berbasis di Jammu.

Tentara yang terluka dirawat di rumah sakit dan sedang menjalani proses pengobatan.

New Delhi dan Islamabad pada 2003 setuju untuk melakukan gencatan senjata sepanjang perbatasan internasional dan LoC di Kashimir, meski beberapa kali dilaporkan ada pelanggaran atas persetujuan tersebut dari kedua pihak, gencatan senjata tetap diberlakukan.

Perang gerliya juga terjadi antara militan dan pasukan India yang bermarkas di wilayah Kashmir yang berada di bawah wewenang India selama dua dekade terakhir.(*)
(T.KR-DLN/H-AK/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011