Semarang (ANTARA News) - Tuan rumah Semarang United memenuhi ambisi meraih angka penuh setelah mengalahkan tamunya Tangerang Wolves, 1-0, pada laga perdana Kompetisi Sepak Bola Liga Primer Indonesia (LPI) di Stadion Jatidiri Semarang, Sabtu petang.

Pada pertandingan yang disaksikan sekitar 5.000 penonton termasuk Wali Kota Semarang, Soemarmo yang juga Ketua Umum PSIS tersebut, kedua tim tampak bermain hati-hati pada laga pertama mereka.

Akibatnya pemain kedua tim terlihat sering melakukan kesalahan mendasar seperti umpan yang salah sasaran, kontrol bola yang kurang akurat, ditambah kondisi lapangan yang licin akibat hujan gerimis mengguyur Kota Semarang.

Kedua tim sama-sama menciptakan peluang tetapi gagal dimanfaatkan secara baik dan hanya satu peluang tuan rumah yang akhirnya bisa menjadi gol.

Satu-satunya gol Semarang United dicetak Komang Mariawan pada menit ke-38 setelah melalui skema serangan yang cukup rapi dari lini tengah.

Bola dari tengah dibawa Amancio Fortes kemudian ditendang ke tengah dan diterima penyerang, M. Yusuf, yang kemudian dengan sekali sontekan langsung diumpan kepada Komang Mariawan.

Komang sempat melewati seorang pemain kemudian dengan gerakan memutar langsung menendang bola ke gawang tanpa bisa diantisipasi kiper Tangerang Wolves, Rudi Ardiansyah.

Pada babak pertama itu sempat terjadi permainan keras ketika Amancio Fortes diganjal pemain lawan kemudian gantian pemain lawan diganjal dengan keras pemain Semarang United tetapi bukan suatu pelanggaran.

Memasuki babak kedua sebenarnya permainan Tangerang Wolves mulai menunjukkan perbaikan karena serangan mulai terlihat baik dari sisi tengah dan kedua sayapnya tetapi sering kandas di lini belakang tim asuhan pelatih Edy Paryono tersebut.

Pada menit ke-58, Tangerang Wolves mendapat hadiah penalti karena pemainnya Zaenudin Arif diganjal pemain belakang Semarang United, Haryadi di daerah terlarang.

Tetapi M. Aziz Harahap yang bertindak sebagai algojo gagal mengeksekusi tendangan penalti karena tendangan kaki kanannya melambung tinggi di atas mistar gawang Semarang United yang dijaga Yoga Arif Wahyu Utama.

Tim tamu mendapat peluang ketika tendangan pemain depan, Wallace Rodrigues, berhasil ditangkap secara baik oleh kiper Semarang United, meskipun pemain bernomor punggung 11 itu sudah melewati seorang pemain belakang tuan rumah.

Hingga pertandingan usai kedudukan tetap 1-0 untuk keunggulan Tim Semarang United.

Wasit yang memimpin pertandingan itu mengeluarkan kartu kuning untuk Luiz Feitos (Tangerang Wolves), dan M. Yusuf serta Amarildo Souza (Semarang United).(*)
H015/M029

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011