Konsep transportasi adalah konektivitas antar moda, ada kereta api, kereta commuter, bis serta kendaraan-kendaraan yang lebih kecil seperti motor. Itu bisa dilaksanakan dengan adanya titik transit oriented development
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan pengembangan kota dengan konsep transit oriented development atau TOD menjadi kunci dari konektivitas antar moda transportasi.

TOD merupakan konsep perencanaan pengembangan kota yang terintegrasi dengan menggabungkan sistem transportasi, tempat tinggal, area komersial, ruang terbuka, dan ruang publik.

"Konsep transportasi adalah konektivitas antar moda, ada kereta api, kereta commuter, bis serta kendaraan-kendaraan yang lebih kecil seperti motor. Itu bisa dilaksanakan dengan adanya titik transit oriented development atau TOD. Itu dilaksanakan secara kompak oleh kita bersama," ujar Budi Karya Sumadi dalam peresmian Integrasi Transportasi Jabodetabek di Stasiun Tebet, Jakarta, Rabu.

Menurut Menhub, banyak sekali warga yang bercerita dan memberikan apresiasi mengenai perubahan Stasiun Tebet menjadi stasiun yang terintegrasi dengan moda transportasi lainnya.

"Ini sebuah kebanggaan-kebanggaan yang bisa dirasakan dan benar seperti disampaikan oleh Bapak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahwa kita memang harus mewujudkan atau deliver titik-titik TOD ini dengan baik," katanya.

Menhub melihat bahwa keharusan transportasi massal, apakah MRT, LRT, commuter, TransJakarta dan sebagainya menjadi suatu keniscayaan yang harus dikawal bersama secara baik.

Kawasan Jabodetabek adalah aglomerasi yang besar sekali, tidak mungkin pemerintah membiarkan Jakarta sendiri, mesti ada koneksi antara Jakarta dengan kota-kota yang lain.

"Dalam waktu dekat ini Stasiun Manggarai akan berfungsi stasiun sentral atau central station di mana PT KAI sudah mempersiapkannya dengan baik, serta dengan adanya Manggarai dikoneksikan dengan Stasiun Tebet dan sebagainya maka kemudahan masyarakat Jakarta untuk bepergian ke Jawa Tengah dan Jawa Timur akan lebih mudah lagi," kata Budi Karya Sumadi.

"Apa yang kita lakukan tidak sekedar kita menyatakan, namun memang riil kita membuat konsep setelah itu mengeksekusi dengan konsep-konsep yang nyata baik itu membuat periode maupun mengerjakan sistem serta sarana-sarana yang ada," tambahnya.

Baca juga: Menteri Perhubungan minta siapkan angkutan pengumpan dan TOD MRT
Baca juga: MRT dan PT JIEP kerja sama bangun depo dan TOD di Pulo Gadung
Baca juga: MRT targetkan bangun kawasan terintegrasi Dukuh Atas mulai Oktober

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021