Beijing (ANTARA News/AFP) - China dan Amerika Serikat menandatangani kesepakatan bisnis senilai 600 juta dolar di Texas pada Senin, media pemerintah melaporkan, sehari menjelang kunjungan kenegaraan penting Presiden Hu Jintao ke Washington.

Keenam perjanjian ditandatangani selama kunjungan ke negara kaya minyak oleh delegasi pengusaha China yang dipimpin oleh wakil menteri perdagangan Wang Chao, Xinhua melaporkan.

"Kesepakatan meliputi dua perjanjian impor kapas, kesepakatan atas impor kit CKD, kesepakatan pengembangan sel surya silikon kristal efisien dan sistem generasi PV, dan sebuah perjanjian impor produk porselen," laporan mengatakan.

Mereka datang karena Hu dan Presiden AS Barack Obama bersiap bertemu untuk pembicaraan di Washington di sebuah makan malam kecil pada Selasa dan kembali pada Rabu, dalam kunjungan yang akan menyentuh pada serangkaian isu perdebatan antara kedua negara.

Keluhan atas nilai yuan, sengketa dagang, penjualan senjata AS ke Taiwan, kunjungan Dalai Lama ke AS, pemberian Hadiah Nobel Perdamaian kepada pembangkang China Liu Xiaobo, kebebasan internet dan persaingan angkatan laut di Pasifik, telah mengganggu hubungan kedua negara baru-baru.

Pada Minggu Hu mengakui kedua negara memiliki "isu-isu sensitif" dan perbedaan yang perlu dikelola dengan baik, dalam jawaban tertulis terhadap pertanyaan-pertanyaan yang disediakan oleh The Wall Street Journal dan The Washington Post.

Presiden Barack Obama akan menyambut Hu pada Rabu di Gedung Putih dengan kebesaran penuh pemberian penghormatan 21 tembakan meriam dan jamuan makan malam kenegaraan. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011