Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bekerjasama dengan ahli teknologi dan informasi menemukan wajah mirip Gayus HP Tambunan dan istrinya, Milana Anggraeni di paspor negara Republik Guyana.

"Ahli teknologi dan informasi menemukan adanya paspor dalam konten surat elektronik tersangka Ari Nur Irwan yang dikirim Jhon Jerome Grice," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar, di Jakarta, Selasa.

Wajah mirip tersangka kasus korupsi dan mafia pajak, Gayus HP Tambunan, di dalam paspor tersebut atas nama Joseph Morris, sementara wajah mirip Milana atas nama Ann Morris, ujarnya.

"Paspor dalam konten milik Ari yang dikirim oleh Jhon antara bulan Juli dan Agustus," kata Boy.

Polri saat ini melaksanakan kerjasama internasional untuk mengungkap kasus Gayus dan mengejar Jhon yang warga negara Amerika masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Kita juga masih melakukan penyidikan bekerjasama dengan ahli IT, terhadap kualitas hubungan antara Ari dan Jhon," katanya.

Gayus yang keluar dari Rumah Tahanan Markas Komando (Rutan Mako) Brimob Kelapa Dua, Depok dan bersama Milana pergi plesiran ke beberapa negara.

Gayus diduga pada tanggal 22 - 24 September 2010 berada di Makau, kemudian berangkat lagi pada 30 September 2010 kembali 2 Oktober 2010 di Kuala Lumpur, Makau, Singapura dan Hong Kong bersama Milana.

Penyidik Polri mendapat informasi bahwa paspor dengan foto Gayus, atas nama Sony Laksono sebenarnya diperuntukan atas nama Margareta, bocah berumur lima tahun.

Gayus mengaku paspor tersebut diperoleh dari jasa calo dengan membayar US$ 100.000.
(T.S035/E001/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011