Jakarta, 6/1 (ANTARA) - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Ir. Jero Wacik, SE mengatakan, industri pariwisata banyak membutuhkan profesional muda atau sarjana-sarjana baru bidang pariwisata. "Tenaga trampil dan ahli di bidang pariwisata banyak dibutuhkan. Saat ini tenaga profesional di bidang pariwisata baru 30%," kata Menbudpar Jero Wacik ketika memberikan sambutan dalam peresmian Fakultas Pariwisata di Universitas Pancasila, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (5/1).

     Menbudpar Jero Wacik berharap agar universitas dan perguruan tinggi di Indonesia dapat meluluskan lebih banyak sarjana yang kompeten di bidang pariwisata. "Perbanyaklah menghasilkan lulusan yang Pancasilais dan nasionalis. Tahun 2011 mari kita songsong dengan optimisme," katanya.

     Menurut Menbudpar, tenaga terdidik di bidang pariwisata dari Indonesia sangat diminati perusahaan nasional dan internasional, misalnya, di industri perhotelan. Banyak hotel internasional mempekerjakan tenaga professional dari Indonesia. "Belum lama ini saya ke Hotel Burj di Dubai. Menurut GM-nya ada sekitar 40 orang tenaga kerja Indonesia di sana , mereka bekerja sangat profesional dan ramah," kata Jero Wacik.

     Tenaga profesional dari Indonesia diharapkan ke depan banyak menempati posisi penting di hotel-hotel berbintang di luar negeri, sehingga mereka banyak menghasilkan devisa.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Ka.Pusformas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata




Pewarta:
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011