"Di dalam pemantauan imigrasi, John Jerome Grice itu tidak di Indonesia," kata Patrialis Akbar.
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Patrialis Akbar, menegaskan bahwa John Jerome Grice, pria yang disebut Gayus Tambunan sebagai agen rahasia pusat intelijen Amerika Serikat (CIA), saat ini berada di luar negeri atau tidak lagi berada di Indonesia.


"Di dalam pemantauan imigrasi, John Jerome Grice itu tidak di Indonesia," kata Patrialis saat ditemui di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis.


Patrialis mengatakan, John Jerome keluar Indonesia sejak beberapa bulan lalu melalui pintu imigrasi Soekarno Hatta. Namun demikian, Patrialis lupa kapan tepatnya John meninggalkan Indonesia.


Patrialis juga tidak menjelaskan secara rinci negara tujuan John ketika pergi meninggalkan Indonesia.


Sebelumnya, Gayus Tambunan mengaku agen Badan Intelijen AS (CIA) membuatkan paspornya yang membuat dia dan istrinya bisa bepergian ke luar negeri.


Kepada wartawan usai divonis bersalah oleh majelis hakim pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Gayus menyebut pria Amerika bernama John Jerome Grice telah ikut membuatkan paspornya.


Sepak terjang John Jerome Grice, sambung Gayus, diketahui dan direstui oleh salah satu anggota Satgas Pemberantasan Mafia Hukum.


Secara khusus, Gayus mengutarakan kekecewaannya kepada Satgas Pemberantasan Mafia Hukum karena satgas dituduhnya memperkeruh kasusnya.


Sementara itu, Satgas Pemberantasan Mafia Hukum membantah telah merekayasa kasus tersebut.


"Tapi, pada dasarnya kita punya informasi, punya data pembicaraan dengan Gayus yang akan menunjukkan bahwa tidak ada sebagaimana disampaikan," kata Sekretaris Satgas Pemberantasan Hukum, Denny Indrayana, ketika ditemui di komplek Istana Kepresidenan.


Denny juga membantah mengenal pria yang disebut Gayus sebagai anggota CIA itu.
(T.F008*P008/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011