Pendidikan jasmani yang diberikan harus berdasarkan minat, karakteristik anak dan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak didik
Pontianak (ANTARA News) - Guru Besar Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak Prof Dr Victor G Simanjuntak mengatakan bahwa pendidikan jasmani sangat menentukan keberhasilan program pembelajaran yang diberikan oleh guru.

Menurut Victor G Simanjuntak di Pontianak, program pendidikan jasmani bermakna sangat penting bagi proses pendidikan anak secara total.

"Sehingga harus diupayakan untuk terus ditingkatkan kualitas keberadaan dan programnya di sekolah-sekolah," kata Victor G Simanjuntak.

Victor dalam pidato pengukuhan sebagai guru besar membuat analisis sistem pengembangan kurikulum pendidikan jasmani SD.

Ia menambahkan, melalui pendidikan jasmani diharapkan dapat dicapai peningkatan kebugaran jasmani, keterampilan, sikap dan pengertian yang baik.

"Ini berguna bagi individu anak dalam kehidupannya," kata Victor G Simanjuntak.

Ia melanjutkan, melalui pendidikan jasmani diharapkan dapat tercapai pembentukan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas serta merupakan upaya pencapaian prestasi olahraga dalam jangka panjang.

Victor mengatakan, konsep kurikulum pendidikan jasmani adalah yang berorientasi pada proses pertumbuhan dan perkembangan anak didik.

"Pendidikan jasmani yang diberikan harus berdasarkan minat, karakteristik anak dan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak didik," kata dia.

Pertimbangan lain, setiap anak didik mempunyai kebutuhan dan kemampuan belajar serta daya tangkap yang berbeda-beda.

Selain itu, lanjut dia, anak didik harus diberikan pengertian mengenai gerakan yang dilakukan.

(T011/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011