Jayapura (ANTARA) - Dua tim sepak bola putra, yakni Papua dan Jawa Timur, sukses mengunci tiket babak enam besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua selepas mengalahkan lawan masing-masing dalam lanjutan pertandingan penyisihan grup pada Jumat.

Tuan rumah Papua lolos setelah mengatasi perlawanan Maluku Utara dengan membukukan kemenangan 3-1 dalam pertandingan di Stadion Mandala, Kota Jayapura.

Dikejutkan dengan perubahan strategi Malut, anak-anak asuh Eduard Ivakdalam sempat tertinggal lebih dulu akibat gol penyerang Sunawan Rusni pada menit ke-15.

Namun, Papua segera membalas lewat eksekusi penalti Ricky Ricardo Cawor tiga menit kemudian, setelah bek sayap I Nyoman Nikson Aksanay dijatuhkan di dalam kotak terlarang.

Ricky Ricardo, yang mengemban ban kapten Papua, lantas memimpin rekan-rekannya bangkit mengalahkan Malut 3-1 setelah mencetak gol sundulan dari situasi sepak pojok pada menit ke-65, disusul sebuah tembakan tepi kotak penalti yang presisi pada menit ke-81 untuk melengkapi raihan trigol.

Kemenangan itu bukan saja memastikan langkah Papua ke babak enam besar, tetapi juga mengunci status sebagai juara Grup A . Selain sudah mengumpulkan enam poin, mereka juga memiliki keunggulan head-to-head atas Malut dan Jawa Barat.

Jatim cukur 10 pemain Jateng

Jatim jadi tim berikutnya yang memantapkan langkah ke babak enam besar setelah mencukur Jawa Tengah, yang harus menuntaskan pertandingan dengan sepuluh pemain, dengan meraih kemenangan telak 3-0 di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura.

Jateng kehilangan sang kapten Sidang Iskushardianto sejak menit ke-52 lantaran menerima kartu kuning kedua dan situasi 11 vs 10 membuat Jatim leluasa mengendalikan permainan.

Kebuntuan dipecahkan oleh Dias Sasongko yang menyontek umpan tarik Airlangga Mutamasiqdina demi membuka keunggulan Jatim pada menit ke-73.

Dua menit berselang, Muhamad Faisol Yunus sukses memperdaya kiper Ahmad Ariya Fuat dalam situasi satu lawan satu untuk menggandakan keunggulan, sebelum pemain pengganti Rezky Renaldy El Has mengunci kemenangan Jatim menjadi 3-0 enam menit jelang bubaran waktu normal.

Jatim kembali menduduki puncak klasemen Grup B dan memastikan satu tempat di babak enam besar, sementara Jateng wajib menang saat menghadapi Sulawesi Selatan bila ingin lolos.

Kaltim tunda kepastian Sulut

Sementara itu, Sulawesi Utara gagal mengikuti jejak Papua dan Jatim untuk mengunci tempat di babak enam besar setelah menelan kekalahan 0-1 melawan Kalimantan Timur dalam lanjutan Grup C di Stadion Barnabas Youwe, Kabupaten Jayapura.

Gol semata wayang yang dicetak penyerang pengganti Ical untuk Kaltim tidak mampu dibalas oleh Sulut hingga peluit tanda laga usai terdengar.

Hasil tersebut semakin memanaskan perebutan tiket enam besar di Grup C, sebab kini Kaltim dan Sulut sama-sama mengumpulkan tiga poin sedangkan Aceh masih nirpoin.

Di laga terakhir Grup C, Kaltim akan bertemu Aceh di Stadion Barnabas Youwe pada Senin (4/10 dan hanya membutuhkan hasil imbang untuk memastikan kelolosan ke babak enam besar.

Berikut hasil pertandingan lanjutan penyisihan grup sepak bola putra PON Papua pada Jumat sore:

(A) Maluku Utara 1 - Papua 3 (Sunawan Rusni 15'; Ricky Ricardo Cawor p-18', 65', 81')
(B) Jawa Tengah 0 - Jawa Timur 3 (Dian Sasongko 73', Muhamad Faisol Yunus 75', Rezky Renaldy El Has 84')
(C) Sulawesi Utara 0 - Kalimantan Timur 1 (Ical 55')

Klasemen

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2021