Doha (ANTARA News) - Sebuah gol pada menit ke-117 dari Harry Kewell membuat Australia menang 1-0 atas Irak pada pertandingan perempatfinal Piala Asia, Sabtu, dan memastikan tim itu bergabung dengan Uzbekistan dalam perburuan tempat di final.

Pemain depan Galatasaray itu mencetak gol pada waktu tambahan melalui sundulan kepala yang tidak mampu ditahan oleh kiper Irak Mohammed Kassid.

Hasil itu menjadikan Australia harus menghadapi semifinalis lainnya Uzbekistan pada Selasa, dan sekaligus sebagai balas dendam atas kekalahan dari Irak 1-3 pada pertandingan babak grup empat tahun lalu.

Australia dan Irak dalam pertandingan itu sama-sama memiliki peluang mencetak gol, namun mereka tidak mampu membuat penyelesaian yang baik selama 90 menit dari jalannya pertandingan, dan memaksa mereka bertanding dalam tambahan waktu.

Pelatih Australia Holgier Osieck memasukkan kembali pemain sayap Dynamo Moscow Luke Wilkshire dan pemain belakang Blackpool David Carney yang sempat absen karena cedera saat Australia menang 1-0 atas Bahrain Selasa lalu.

Sedangkan pemain tengah Blackburn Rovers Brett Emerton tidak bisa ikut bertanding karena terkena hukuman larangan bertanding.

Kapten Irak Younis Mahmood hampir saja menjebol gawang Australia pada menit ke-24, namun sayang tendangannya melambung di atas mistar gawang yang dijaga kiper Mark Schwarzer.

Sementara itu Australia juga memiliki peluang setelah mampu menusuk ke dalam kotak penalti, namun tendangannya juga melambung.

Hingga 90 menit pertandingan pertandingan masih tetap kedudukan 0-0 dan tampak bakal terjadi adu penalti, namun dalam waktu tambahan itu Kewell tampil sebagai pahlawan Australia melalui gol yang dibuatnya, demikian laporan AFP.

(SYS/A020)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011