Jakarta (ANTARA News) - UN-World Tourism Organization (UN-WTO) menilai pariwisata Indonesia dituntut lebih kompetitif agar mampu bersaing dengan negara-negara lain di kawasan Asia.

"Pariwisata Indonesia sangat bagus tetapi harus bisa lebih kompetitif," kata Coordinator Consulting Unit on Tourism and Biodiversity UN-WTO, Jurgen Nauber, dalam perbincangan-nya dengan ANTARA di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, semua negara-negara di dunia khususnya di kawasan Asia dan Afrika ingin sektor pariwisatanya lebih maju. Sebab banyak negara yang telah membuktikan sektor pariwisata mampu memberikan kontribusi besar bagi perekonomian sebuah negara.

"Oleh karena itu banyak negara-negara yang sedang membangun pariwisata-nya agar lebih maju," katanya.

Nauber berpendapat Indonesia harus mampu bersaing dengan negara-negara lain untuk menjadikan destinasi pariwisata semakin menarik.

Apalagi, kata Nauber, Indonesia memiliki segala sesuatu yang bisa menjadikan sektor pariwisata maju. "Indonesia punya apa saja yang diperlukan pariwisata untuk menjadi lebih baik," katanya.

Pariwisata Indonesia bahkan diprediksi mampu menjaring melebihi target kunjungan yang tahun ini dipatok 7,7 juta wisatawan mancanegara jika mampu membangun struktur perencanaan pariwisata yang kuat sebagai pondasi.

Nauber menilai struktur yang kuat menjadi kunci keberhasilan dalam membangun sesuatu termasuk dunia pariwisata yang lebih maju.
(H016/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011