Jakarta (ANTARA News)- Jika Anda seorang eksekutif atau manajer yang gerah dengan kelakuan karyawan yang selalu telat dan berkilah dengan alasan macet atau alasan aneh lainnya, mungkin Anda perlu menggunakan aplikasi telepon selular ini di kantor.

Seperti dikutip Daily Mail, Raj Singh (49) asal Inggris, telah menciptakan sebuah aplikasi ponsel yang bekerja dengan cara mirip sistem navigasi satelit mobil dan dinamakan 'ChristalBall'.

Aplikasi itu memudahkan manajer untuk mengetahui lokasi anak buahnya, hubungan telepon atau pesan masuk, serta semua lalu lintas Internet yang berlangsung dalam ponsel mereka.

Hebatnya lagi, aplikasi itu cocok dengan sebagian besar ponsel cerdas seperti BlackBerry, Nokia, dan HTC yang mempunyai program GPS di dalamnya.

Cara kerjanya pun sederhana. Ketika karyawan memulai aktivitas kantornya, maka ia akan mengaktifkan aplikasi itu di telepon selularnya. Sejak itu aplikasi itu akan memungkinkan manajer untuk mengikuti semua kegiatannya dan penggunaan ponsel itu dari jauh.

Menurut Singh, dengan itu kinerja dan produktivitas karyawan bisa terjaga.

"Sekarang adalah masa yang sukar bagi banyak bisnis dan sekarang orang-orang ingin semua pekerja mereka bekerja seproduktif mungkin," jelas Singh.

Meski demikian ia tak menampik kekuatiran tentang privasi. Menurutnya ketika jam kerja telah berakhir, karyawan bisa mematikan aplikasi itu sehingga aktivitas pribadi mereka tidak terganggu.

"Aplikasi itu mempunyai pilihan privasi yang membuat karyawan tidak terdeteksi oleh bos mereka ketika mereka selesai bekerja," kata Singh.

Sebagai tambahan, jika karyawan menggunakan fasilitas mobil kantor, maka aplikasi itu akan bisa menginformasikan jika ada lebih dari satu orang di dalam kendaraan itu termasuk kecepatan, lokasi, jarak tempuh, dan lamanya perjalanan.

(Ber/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011