AsiaNet 43015

Bersama-sama menjanjikan $100 juta untuk memerangi penyakit yang dapat dicegah di Afghanistan dan Pakistan
   
     SEATTLE dan ABU DHABI, Uni Emirat Arab, 26 Januari 2011 (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) - Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Putera Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA, dan Bill Gates, Ketua Bersama Bill & Melinda Gates Foundation, hari ini mengumumkan kerjasamanya untuk memberikan vaksinasi yang menyelamatkan jiwa anak-anak di Afghanistan dan Pakistan. Kemitraan ini menjanjikan dana sebesar $100 juta - $50 juta dari masing-masing mitra - untuk membeli dan mengirimkan vaksin penting yang akan menyelamatkan anak-anak di Afghan dan Pakistan serta mencegah penyakit seumur hidup.

     "Seperti semua anak, anak-anak di Afghanistan dan Pakistan pantas memperoleh kualitas kesehatan dan peluang yang dapat diberikan imunisasi pada masa kecil. Manfaat pribadi, masyarakat, nasional dan internasional yang akan timbul dari generasi yang tumbuh terlindung dari penyakit yang dapat dicegah mampu dirasakan oleh generasi yang akan datang," kata Sheikh Mohammed bin Zayed.

     Anak-anak di Afghanistan dan Pakistan khususnya rentan terhadap penyakit yang dapat dicegah, seperti polio dan pneumonia (radang paru-paru). Berbagai tantangan dalam mengobati penyakit tersebut berupa konflik di kawasan, pelayanan kesehatan dan tingkat imunisasi yang tak sama di antara provinsi di masing-masing negara dan, dalam hal Pakistan, lambatnya pemulihan dari banjir besar tahun lalu.

     "Vaksin mencegah anak-anak dari banyak penyakit yang mengancam jiwa pada masa kecil, dengan menyediakan cara terbaik untuk memberi seorang anak awal yang sehat untuk hidup," ujar Bapak Gates. "Kemitraan ini merupakan contoh kuat bagaimana kerjasama masyarakat global dapat membantu membangun masa depan yang lebih sehat dan lebih stabil bagi anak-anak Afghan dan Pakistan, keluarga mereka serta masyarakat."
   
     Satu dari empat anak di Afghanistan tidak dapat bertahan hidup untuk merayakan ulang tahunnya yang kelima, sehingga membuat angka kematian bayi dan balita di negara tersebut termasuk yang tertinggi di dunia.

     Dari total dana itu, dua-pertiganya akan diberikan kepada GAVI Alliance untuk membeli dan mengirimkan vaksin pentavalent dan untuk memperkenalkan vaksin pneumococcal (radang paru-paru) di Afghanistan. Vaksin ini membantu melindungi anak-anak dari pembunuh terbesar anak-anak balita, termasuk pneumonia, diphteria, pertusis (batuk rejan), tetanus, hepatitis B, dan Haemophilus influenzae tipe B (HiB), yang menyebabkan meningitis (radang otak).

     Sisa $34 juta dari dana yang dialokasikan itu akan diberikan kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF untuk menyalurkan vaksin polio di Afghanistan dan Pakistan. Meskipun polio di seluruh dunia telah dikurangi sampai 99 persen dalam 20 tahun terakhir, Afghanistan dan Pakistan adalah dua dari hanya empat negara di mana penularan polio tak pernah dicegah. Saat ini, terdapat siklus penularan kembali penyakit berbahaya ini di antara penduduk kedua negara tersebut.

     Kemitraan ini akan menghasilkan imunisasi sekitar lima juta anak di Afghanistan terhadap enam penyakit mematikan, dan akan membantu para pekerja WHO dan UNICEF mengobati sekitar 35 juta anak di Afghanistan dan Pakistan dengan vaksin polio oral.

     Untuk foto resolusi tinggi dan informasi tentang upaya yayasan ini, silakan kunjungi:
http://www.gatesfoundation.org/press-room/Pages/news-market.aspx.

     Bill & Melinda Gates Foundation
     Dengan berpedoman keyakinan bahwa setiap hidup memiliki nilai yang sama, Bill & Melinda Gates Foundation berupaya membantu semua orang hidup sehat dan produktif. Di negara-negara berkembang, yayasan ini berfokus pada usaha meningkatkan kesehatan orang serta memberi mereka kesempatan untuk mengentaskan diri dari kelaparan dan kemiskinan parah. Di Amerika Serikat, yayasan ini berupaya memastikan bahwa semua orang-khususnya mereka yang termiskin sumber dayanya-memperoleh peluang yang mereka butuhkan agar berhasil di sekolah dan dalam hidup. Yayasan yang berbasis di Seattle, Washington ini dipimpin oleh CEO Jeff Raikes dan Ketua Bersama William H. Gates Sr., di bawah arahan Bill dan Melinda Gates serta Warren Buffett. Ketahui lebih lanjut di http://www.gatesfoundation.org atau gabung dengan perbincangan di Facebook
(http://www.facebook.com/billmelindagatesfoundation) dan Twitter
(http://twitter.com/gatesfoundation).

     Dukungan Kemanusiaan UEA untuk Afghanistan dan Pakistan

     Afghanistan
     Pada tahun 2009, ketidakamanan yang meluas, kekerasan yang meningkat, kemiskinan, keterbelakangan kronis dan bencana alam seperti gempa bumi dan banjir telah mengakibatkan kerawanan pangan yang kian parah di Afghanistan; Penilaian Risiko dan Kerentanan Nasional tahun 2007-2008 mendapati bahwa 7,4 juta orang - hampir sepertiga dari penduduk - tidak dapat memperoleh cukup makanan untuk hidup aktif dan sehat.

     UEA menjanjikan bantuan lebih dari AED 1,26 miliar (US$ 343,4 JUTA) untuk Afghanistan pada tahun 2009, yang merupakan 14 persen dari total bantuan luar negeri UEA selama tahun berjalan. Meskipun sejumlah donor UEA aktif di Afghanistan, hampir 73 persen dari bantuan (AED 918,3 juta) adalah dalam bentuk hibah yang dikelola oleh Dana Pembangunan Abu Dhabi. Sebagian besar uang tersebut (AED 863,2 juta) telah dialokasikan untuk pembangunan, dengan sisanya untuk transportasi dan penyimpanan. Sekitar AED 26,8 juta untuk infrastruktur dan pelayanan sosial.

     UEA terus memberi kontribusi yang signifikan terhadap kemanusiaan di Afghanistan, dan telah melakukannya sejak tahun 2003. Melalui organisasi seperti Bulan Sabit Merah, sumbangan dermawan dari warga UEA dan relawan telah memberi kontribusi terhadap pembangunan:

     - 11 sekolah yang mendidik 300 murid per hari;
     - Enam klinik medis yang telah merawat 35.000 pasien Afghanistan;
     - Universitas Zayed, Afghanistan, yang melayani lebih dari 6.400 mahasiswa per tahun;
     - Sebuah rumah sakit besar dengan kapasitas tahunan 7.000 pasien;
     - 38 masjid yang masing-masing memiliki lebih dari 300 orang jamaah;
     - Sebuah perpustakaan umum yang melayani lebih dari 400 pelajar dan pengunjung per hari;
     - Akomodasi di Zayed City untuk 200 keluarga pengungsi; dan,
     - 160 sumur yang menyediakan air minum sehat.

     Pakistan
     Pada tahun 2009, hampir dua juta orang pindah dari rumah mereka di lembah Swat, Waziristan Selatan dan beberapa bagian lain dari provinsi perbatasan Barat Laut Pakistan sebagai akibat bentrokan antara tentara Pakistan dan Taliban. Selain itu, 20 juta orang mengungsi akibat banjir di wilayah Punjab di Timur Laut Pakistan.

     Kebutuhan rakyat Pakistan jauh melebihi kapasitas pemerintah Pakistan dan memicu respon besar dari UEA. Total, Pakistan dijanjikan AED 1,60 miliar dari donor UEA. Selain itu, tentara UEA mengirim tiga helikopter Chinook UEA untuk memberikan bantuan dan menjalankan misi bantuan di daerah-daerah terpencil di Pakistan yang hancur akibat banjir.

     Pemerintah menjanjikan hibah senilai AED 998,5 juta untuk diberikan oleh Dana Pembangunan Abu Dhabi, dalam merespon usul proyek yang diajukan oleh Pemerintah Pakistan. Dari bantuan yang telah dialokasikan, lebih dari setengahnya dibelanjakan untuk program kesehatan, dan hampir sepertiganya untuk bantuan kemanusiaan umum, sektor yang meliputi tanggap darurat, rekonstruksi dan kesiapan bencana.

     Khalifa Foundation memberi sejumlah kontribusi dalam merespon kebutuhan mendesak para pengungsi, termasuk satu kontribusi besar terhadap Komisi Tinggi PBB urusan Pengungsi (UNHCR) senilai lebih dari AED 55,1 juta, yang seluruhnya telah dibelanjakan selama tahun berjalan.

     Pemerintah lebih lanjut menyumbangkan AED 590,6 juta selama tahun berjalan, lebih dari dua pertiganya ditujukan untuk proyek-proyek kesehatan. Otoritas Bulan Sabit Merah UEA juga memberi kontribusi lebih dari AED 20,5 juta.

     SUMBER  Bill & Melinda Gates Foundation
   
     KONTAK: Bill & Melinda Gates Foundation, media@gatesfoundation.org, +1-206-709-3400; Simon.pearce@eaa.gov.ae, 971-50-8181-627



 

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011