Dan Membangun Budaya Hak Asasi Manusia

AsiaNet 43016

     TOKYO, 26 Januari (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) - Dalam proposal yang dirilis pada 26 Januari, "Menuju Sebuah Dunia yang Memiliki Persamaan untuk Semua: Keberhasilan dari Kehidupan yang Kreatif," President Soka Gakkai International (SGI) Daisaku Ikeda meminta masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyelesaikan dua tantangan kunci saat ini: menghapuskan senjata nuklir dan membangun sebuah budaya global untuk hak asasi manusia.

     Sementara isu-isu ini terus menakutkan masyarakat dalam skala dan kompleksitasnya, Ikeda mengungkapkan kesetiannya sebagai seorang pemuka agama Buddha, dalam kapasitas manusia untuk bertemu dan bahkan mengatasi tantangan yang tidak bisa ditanggulangi.

     Mengenai penghapusan nuklir, Ikeda mengeksplorasi tindakan yang dapat membuat penduduk dunia melakukan: 1) mendirikan struktur dalam menyatakan kepemilikan senjata nuklir akan bergerak cepat ke arah pelucutan senjata; 2) mencegah lebih lanjut perkembangan senjata nuklir atau modernisasi; dan 3) mencabut perlindungan hukum secara menyeluruh untuk senjata tidak manusiawi ini melalui Konvensi Senjata Nuklir (NWC).

     Hingga saat ini, ia menyatakan dukungan untuk Sekretaris-Jenderal PBB Ban Ki-moon dalam penyelenggaraan pertemuan puncak Dewan Keamanan PBB yang membahas mengenai pelucutan senjata nuklir. Ikeda mengusulkan negara-negara yang telah melepaskan senjata nuklir diharapkan menjadi peserta reguler, dan para spesialis dan perwakilan LSM juga menghadiri pertemuan puncak tersebut. Ia menyarankan Hiroshima dan Nagasaki menjadi tuan rumah Konferensi Tinjauan Non-Proliferasi Nuklir (NPT) tahun 2015 dan pertemuan itu seharusnya menjadi puncak konferensi penghapusan nuklir.

     Untuk mendorong perjanjian yang komprehensif mengenai larangan percobaan nuklir (Comprehensive Nuclear-Test-Ban Treaty [CTBT]) untuk masuk ke arah pembentukan kekuatan, Ikeda melakukan serangakaian pertemuan bilateral, regional dan multilateral yang diprakarsai kelompok-kelompok negara, seperti Mesir, Israel dan Iran, yang saling berkomitmen untuk melaksanakan perjanjian itu. Sebuah pengaturan yang didasari atas kesepakatan dari hasil pembicaraan enam pihak yang akan digunakan untuk pelucutan senjata nuklir di Asia Timur Laut.

     Ikeda menegaskan kembali dukungan sepenuhnya untuk NWC. Ia menekankan bahwa konvensi semacam ini dapat menghadirkan kembali transformasi kualitatif dari hukum internasional yang tradisional -- negosiasi yang dilakukan antara pemerintah -- menuju bentuk hukum yang digerakan oleh otoritas tertinggi dari desakan yang dilakukan masyarakat dunia.

     Sehubungan dengan pendidikan hak asasi manusia, Ikeda menekankan bahwa hak asasi manusia ditetapkan bukan dari perjanjian atau undang-undang, tapi berasal dari usaha orang biasa yang memperbaiki ketidakadilan yang mereka alami atau saksikan di lingkungan sekitarnya. Ini artinya membuat sensitivitas pada hak asasi manusia -- bagi kita dan orang lain -- menjadi bagian dari "kebudayaan hak asasi manusia."

     Ikeda menunjukan dukungannya pada usaha yang dilakukan oleh PBB, untuk mempromosikan pendidikan hak asasi manusia, dan untuk itu ia mengusulkan pembentukan badan konsultatif baru di sistem PBB. Ia menekankan perlunya deklarasi yang dilakukan PBB untuk Pendidikan Hak Asasi Manusia dan Pelatihan, saat ini sedang diselesaikan dan digambarkan mengenai inisiatif dukungan SGI pada proses ini, seperti melakukan pengembangan DVD dan alat-alat lain untuk mendukung pendidikan hak asasi manusia. Ia juga menyerukan agama di dunia untuk terlibat dalam dialog antar agama pada mempromosikan pendidikan hak asasi manusia.

     Daisaku Ikeda adalah presiden Soka Gakkai International (SGI) yang merupakan asosiasi umat Buddha yang memiliki 12 juta anggota di seluruh dunia, yang berdedikasi untuk menyebarkan perdamaian, budaya dan pendidikan. Ia telah mengeluarkan proposal perdamaian tahunan pada 26 Januari setiap tahunnya sejak 1983, untuk memperingati pendirian SGI, menawarkan saran konkret untuk memecahkan masalah global, yang didasari filosofi humanisme Buddha.

     Sumber: Soka Gakkai International

     Kontak:
     Joan Anderson
     Kantor Penerangan Publik
     Soka Gakkai International
     Tel: +81-80-5957-4711
     Fax: +81-3-5360-9885
     E-mail: janderson[at]sgi.gr.jp


Pewarta:
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011