Pekanbaru (ANTARA News) - Kesebelasan PSPS Pekanbaru melumat Persijap Jepara dengan skor telak 5-0 pada pertandingan lanjutan ISL yang digelar di Stadion Sport Center Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, Rabu.

Bintang pada pertandingan itu adalah Putut Waringin Jati yang melesakan dua gol untuk kemenangan tim berjuluk "Asykar Bertuah" itu, meski ia hanya menjadi pemain pengganti pada babak kedua.

Secara keseluruhan pertandingan berjalan kurang imbang karena PSPS menguasai jalannya permainan sejak babak pertama. Para pemain Persijap terlihat tak mampu mengembangkan kerjasama tim di lapangan yang becek akibat hujan deras yang baru berhenti sekitar 30 menit sebelum laga dimulai.

Dominasi PSPS dimulai sejak wasit Ahmad Suparman meniup peluit pertanda dimulainya pertandingan, dan tim besutan Abdurrahman Gurning itu langsung mengambil inisiatif menyerang.

Gol pertama lahir dari sepakan April Hadi pada menit 22. Penyerang bernomor punggung tiga itu berhasil menusuk dari sisi kanan pertahanan Persijap dan mengelabui dua pemain bertahan. April akhirnya memecah kebuntuan dengan tendangan terarah ke sudut kanan gawang yang dijaga kiper Danang Wihatmoko.

PSPS menutup babak pertama dengan skor 2-0 melalui titik penalti yang dicetak oleh pemain asal Korsel, Shin Hyun Joon, pada menit 27. Hal itu disebabkan pemain bertahan Persijap sebelumnya melakukan pelanggaran terhadap gelandang Patrice Nzekou di dalam kotak 16 meter.

Sementara itu, Persijap tercatat hanya mampu menghasilkan tiga peluang pada babak pertama melalui Pendi Yulianto dan Mahendra. Namun, tendangan keduanya masih melebar sedangkan benteng pertahanan PSPS yang dikomandani Bonaken Bosoken terlalu ketat untuk ditembus.

Pada babak kedua, pemain PSPS terlihat makin leluasa mendikte anak-anak Persijap. Permainan kolektivitas tim terlihat terus mengalir lancar lewat serangan bola dari kaki ke kaki lewat satu dua sentuhan.

Sedangkan, Persijap Jepara yang dibesut Suwimin Diharja masih belum mampu keluar dari tekanan dan hanya bisa sesekali melakukan serangan balik.

Selain itu, taktik Abdurahman Gurning yang memasukan Putut Waringin Jati untuk menggantikan April Hadi pada babak kedua juga terbukti jitu. Putut membayar kepercayaan itu dengan mencetak gol di menit 70 melalui serangan dari sayap kanan.

Putut menambah golnya pada menit ke 83 lewat pola serangan di sayap kanan Persijap yang hampir sama dengan gol sebelumnya. Kiper Danang Wihatmoko hanya bisa melongo melihat gawangnya kembali kebobolan oleh pemain pengganti itu.

PSPS akhirnya mengunci kemenangan pada menit 90 melalui striker Dzumafo Herman yang melakukan tendangan "first time" memanfaatkan umpan terukur dari Shin Hyun Joon.(*)
(T.F012/A020)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011