Bersama Badan Wakaf Al Qur'an Bangun Bak Penampungan Air Kapasitas 84.000 liter untuk 3.000 jiwa.

Jakarta, 27/1 (ANTARA) - Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (Danamon) pada tanggal 27 Januari 2011 akan meresmikan Bak Penampungan Air Bersih di Desa Gemampir, Kabupaten Klaten - Jawa Tengah. Inisiatif ini dilakukan bersama Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) melalui program "Water Action for People" untuk membantu para korban bencana Gunung Merapi, khususnya di daerah Desa Gemampir yang sangat kesulitan memperoleh suplai air bersih. Pembangunan bak tersebut dilakukan sejak 1 Desember 2010 - 25 Desember 2010, yang termasuk dalam program pengadaan air bersih dengan anggaran dana sebesar lebih dari Rp 294 juta, untuk menyediakan air bersih bagi lebih dari 3.000 jiwa setiap harinya. Peresmian sarana air bersih dengan kapasitas 84.000 liter ini rencananya akan dihadiri juga jajaran pejabat Danamon Syariah, Kepala Desa Gemampir, Camat Karangnongko, tokoh agama serta tokoh masyarakat setempat.

"Kegiatan ini adalah bentuk upaya kami dari Danamon Syariah dalam meringankan beban saudara-saudara kita yang tertimpa musibah letusan Gunung Merapi. Harapan kami, bantuan ini membantu mereka kembali bangkit dan memulai kehidupan yang normal di desa masing-masing," kata Kepala Unit Usaha Syariah Danamon D. Prayudha Moelyo. Bekerjasama dengan BWA yang dipimpin Ustad Hari Moekti, Danamon Syariah membantu masyarakat yang mengalami krisis air bersih akibat letusan Gunung Merapi. Setelah peresmian fasilitas air bersih, program ini akan terus berlanjut dalam bentuk pembinaan umum, edukasi serta pembinaan yang akan dilakukan oleh partner lapangan dari Badan Wakaf Al Qur'an di Klaten.

Bak penampungan air bersih yang diresmikan ini merupakan salah satu bagian dari program pengadaan sarana air bersih bagi pengungsi dan warga korban letusan Merapi yang diprakarsai oleh Badan Wakaf Al Qur'an. Program tersebut terbagi dalam tiga tahap, di mana pembangunan bak penampungan ini merupakan bagian dari tahap jangka menengah untuk rehabilitasi sarana air bersih (sumur dan bak penampungan) di daerah yang terkena dampak letusan Merapi.

Tentang Danamon Syariah:
Pendirian Bank Danamon Syariah ini merupakan perwujudan dari visi Bank Danamon untuk menjadi Bank Pilihan Masyarakat (The Bank of Choice) serta langkah strategis dalam menyongsong pertumbuhan dan perkembangan pasar perbankan syariah yang semakin dinamis dan upaya dukungan terhadap langkah-langkah pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Peresmian Bank Danamon Syariah ditandai dengan peresmian Cabang Perdana di Ciracas Jakarta Timur yang diresmikan pada tanggal 14 Mei 2002 oleh Sekretaris Menteri Negara Koperasi dan UKM, Chairul Fadjar Sofyan yang mewakili Menteri Negara Koperasi dan UKM. Saat ini Bank Danamon Syariah sudah memiliki 7 Kantor Cabang Syariah yang tersebar di seluruh Indonesia. Bertindak sebagai Dewan Pengawas Syariah Bank Danamon adalah anggota Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia, yang terdiri dari Prof. Dr. Din Syamsuddin, MA (Ketua), Drs. Karnaen. A. Perwataatmadja, MPA, FIIS (Anggota) dan Dr. Hasanuddin, Mag (Anggota).

Dalam menjalankan kegiatannya, Bank Danamon Syariah menerapkan sistem bagi hasil, jual beli dan titipan sehingga tidak terpengaruh oleh fluktuasi suku bunga serta dikelola oleh sumber daya insani yang berkinerja tinggi dengan berlandaskan pada sifat siddiq (jujur), tabligh (menyampaikan), fathonah (cerdik), amanah (dapat dipercaya) dan itqan (profesional).

Diharapkan dengan hadirnya Bank Danamon Syariah, maka dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk dan jasa perbankan yang berbasis pada prinsip-prinsip bisnis secara islami, halal, tidak menganut sistem riba (membungakan uang), ghoror (ketidakjelasan/manipulatif) maupun maisyir (spekulasi/perjudian).

Dengan demikian, masyarakat dapat menikmati layanan perbankan yang sesuai dengan syariah Islam di mana hal itu secara spiritual akan menciptakan ketenangan batin karena dananya akan diinvestasikan kembali kepada bisnis atau hal-hal yang membawa kemaslahatan bagi masyarakat banyak.

Tentang Danamon:
PT Bank Danamon Indonesia Tbk didirikan pada tahun 1956 dan sampai dengan 30 September 2010 memiliki lebih dari 2.500 kantor cabang dan point of sales, termasuk unit Danamon Simpan Pinjam (DSP) dan unit Syariah, serta kantor-kantor cabang Adira Finance. Danamon memberikan kepada nasabahnya akses ke lebih dari 14.000 ATM, termasuk melalui kerjasama dengan ATM Bersama dan ALTO di 33 provinsi di Indonesia dan saat ini didukung oleh sekitar 50.000 karyawan (termasuk karyawan anak perusahaan).

Danamon belum lama ini menerima penghargaan The Best Wealth Management serta The Best Unsecured Personal Loan (KTA) posisi ke-3 dalam ajang Consumer Banking Excellence Award 2010 untuk kategori bank dengan aset di atas Rp50 triliun, yang diselenggarakan majalah SWA dan PERBANAS. Danamon juga dianugerahi Best Local Cash Management Banks in Indonesia dalam Asiamoney Cash Management Poll 2010 oleh Asiamoney.

Danamon terpilih sebagai Best Performance Banking 2010 dalam ABFI Banking Award untuk kategori bank umum swasta besar dari ABFI Institute dan PERBANAS. Danamon meraih Best Mobile Banking, Best SMS Banking, Best Internet Banking serta termasuk dalam Top 10 Most Consistent Bank in Service Excellence dalam hal konsistensi kualitas layanan bank secara keseluruhan dalam ajang Banking Service Excellence Awards 2010 oleh Infobank dan Marketing Research Indonesia. Danamon dinobatkan sebagai salah satu dari 10 perusahaan prestisius Indonesia oleh The Forbes Global 2000, suatu pemeringkatan tahunan atas 2.000 perusahaan publik terkemuka di seluruh dunia yang dilakukan oleh majalah Forbes.

Danamon adalah penerbit tunggal dan pihak yang mengakuisisi kartu kredit American Express(R) di Indonesia berdasarkan perjanjian pengoperasian independen yang memungkinkan Danamon menerbitkan kartu kredit American Express (R) pada nasabah individual dan korporasi. Danamon juga merupakan satu-satunya bank yang memberikan layanan kepada mitra bisnis lokal yang menerima pembayaran dengan kartu kredit American Express dan untuk menerima mitra bisnis baru di Indonesia.

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira) adalah anak perusahaan Danamon yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor dan memiliki jaringan kantor cabang yang luas di lebih dari 260 kota di Indonesia.

Pada tanggal 30 September 2010, 67,42% saham-saham Danamon dimiliki oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. dan sebesar 32,58% oleh publik (dengan besar kepemilikan saham di bawah 5%).

Untuk informasi lebih lanjut:
Zsa Zsa Yusharyahya, Head of Public Affairs
Telephone (+6221)57991001-03 ext.8301/8361/8323
Mobile: (+62) 81 1109369. Fax. (+6221) 57991161
public.affairs@danamon.co.id

Pewarta: Bambang
Editor: Imansyah
Copyright © ANTARA 2011