Mimika (ANTARA) - Tim bola basket Papua mengakhiri kiprahnya di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dengan mengalahkan Sulawesi Utara 74-62 pada pertandingan Pool B di Mimika Sport Complex, Mimika, Rabu.

Itu menjadi kemenangan pertama Papua sepanjang PON XX, tetapi tak mengubah situasi di mana mereka gagal lolos ke semifinal.

Sementara bagi Sulawesi Utara, takluk dari Papua tidak menggeser posisi mereka dari puncak Pool B. Sulut juga sudah dipastikan melaju ke semifinal sebagai juara grup.

Baca juga: TIm basket putra Sulut ke semifinal setelah tundukkan Bali 86-56

Papua tampil sangat baik saat bersua Sulawesi Utara. Memulai laga dengan ketinggalan 12-17 di kuarter pertama, Papua mampu memperkecil kedudukan pada akhir kuarter kedua, 28-32.

Usai jeda, Papua terus mengejar selisih skor dan berhasil menguntit Sulut saat kuarter ketiga berakhir dan cuma tercecer dua poin, 47-49.

Kebangkitan Papua terjadi pada kuarter terakhir. Mulanya, dua angka dari pemain Papua Melkias Kaize menjadikan skor imbang 51-51, lalu George Saudale membawa Papua menjauh 54-51.

Baca juga: Tim basket putra Banten menangkan laga terakhir, tundukkan Kalsel

Momen tersebut meningkatkan motivasi Papua yang berlaga di bawah dukungan penonton. Mereka bahkan memimpin 10 poin, 70-60, lalu menutup pertandingan dengan kemenangan 74-62.

Melkias Kaize menjadi bintang di tim Papua dengan menorehkan "double-double" yaitu 18 poin dan 10 rebound.

Sementara di kubu Sulut, Andrew Lensun mencatatkan statistik terbaik dengan 13 poin, lima rebound dan dua assist.

Baca juga: Jadwal bola basket PON, dua laga penentu semifinal digelar Rabu
Baca juga: Lawan Jatim, tim basket putra Bali siap tampil agresif

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021