Zurich (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan meninggalkan Swiss untuk kembali ke tanah air.

Pesawat Kepresidenan Garuda Indonesia Airbus A 330-300 yang membawa rombongan Presiden dijadwalkan bertolak dari bandara Internasional Zurich, Swiss, pada Sabtu sore pukul 16.00 waktu setempat atau pukul 22.00 WIB dan setelah transit di Dubai, Uni Emirat Arab, dijadwalkan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Minggu pagi.

Sebelum berangkat, Presiden Yudhoyono direncanakan memberikan keterangan pers tentang hasil kunjungan ke India dan Swiss pada 24-29 Januari 2011 di Hotel Radisson Blu, Zurich.

Presiden berada di Swiss untuk menghadiri World Economic Forum (WEF) di Davos pada 27-28 Januari 2011.

Kepala Negara menyampaikan pidato khusus pada hari pertama WEF dan menjadi panelis dalam diskusi bertema pembangunan berkelanjutan bersama dengan Presiden Meksiko Felipe Calderon dan Presiden Finlandia Tarja Halonen pada hari kedua.

Presiden Yudhoyono juga menjadi pembicara dalam diskusi bertema revitalisasi perdagangan dunia bersama dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan Direktur World Trade Organization (WTO) Pascal Lamy pada hari kedua WEF.

Di Swiss, Presiden juga menggelar pertemuan bilateral dengan kepala negara/pemerintahan negara sahabat yaitu dengan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, Presiden Konfederasi Swiss Micheline Clamy Red, Perdana Menteri Inggris David Cameron, dan Perdana Menteri Belgia Yves Leterme.

Presiden juga menerima kunjungan kehormatan dari Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Ban Ki-Moon, mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, dan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair.

Di Davos, Presiden juga menghadiri Indonesia Night yang digelar oleh Kementerian Perdagangan guna mempromosikan Indonesia kepada kalangan pengusaha dunia yang menghadiri WEF.(*)

(T.D013/M020)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011