Kairo (ANTARA News) - Lebih dari 10 pemrotes tewas dalam bentrokan dengan polisi di dekat gedung Kementerian Dalam Negeri Mesir di Kairo pada Ahad pagi, menurut laporan Al Jazeera.

Sekelompok pengunjuk rasa berusaha menyerbu memasuki bangunan itu, yang terletak di pusat ibukota Mesir, memaksa polisi untuk melepaskan tembakan, kata saluran TV itu.

Di Kantor Gubernur Faiyum, yang terletak sekitar 81 mil (130 kilometer) sebelah barat daya Kairo, orang bersenjata tak dikenal menembak mati kepala sebuah penjara lokal, membebaskan beberapa ratus tahanan, kata Al Jazeera.

Aksi protes anti-pemerintah terus berlanjut untuk hari kelima pada Sabtu di Mesir dengan kerumunan puluhan ribu orang menuntut Presiden Hosni Mubarak mundur setelah tiga dekade berkuasa.

Sebelumnya, Al Jazeera mengatakan sekitar 100 orang telah tewas dalam bentrokan dengan polisi di Kairo dan kota-kota Mesir lainnya.

Pada Sabtu, Mubarak membubarkan pemerintahan negara dan menunjuk mantan menteri penerbangan sipil, Ahmed Shafiq, sebagai perdana menteri baru, dan memerintahkan dia untuk membentuk kabinet baru.
(H-AK/B002/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011