Pyongyang (ANTARA News) - Serangkaian kegiatan dilangsungkan di beberapa negara pada 14-18 Januari untuk merayakan ulang tahun Presiden Korea Utara Kim Jong Il yang jatuh pada 16 Februari, demikian diberitakan oleh kantor berita KCNA pada Jumat.

Kegiatan tersebut termasuk pertemuan, pameran foto dan pertunjukan film di Swedia dan pembukaan pameran kerajinan tangan serta pemutaran film KorUT di Rusia.

Apa yang ditampilkan dalam pameran tersebut adalah foto dari pemimpin Korut Kim Il Sung dan Kim Jong Il dan foto serta kerajinan tangan yang menunjukkan gambar Korea Utara.

Pemutaran film termasuk film berjudul "Fireworks for a Thriving Nation" dan "The Arch of Triumph".

Ketua Asosiasi Persahabatan Swedia-Korut Christer Lundgren mengatakan bahwa Korut berada di bawah kepemimpinan Kim Jong Il yang bijak yang mendorong kemajuan dunia dalam perjuangan Korut menjadi negara sosialis yang kuat dan stabil serta menjadi benteng kemerdekaan dan perdamaian melawan imperialisme.

"Kami memberikan dukungan penuh kepada warga Korut dalam usahanya untuk meningkatkan taraf hidup rakyat, meredakan ketegangan di Semenanjung Korea dan Asia timur laut serta membawa kemandirian dan reunifikasi yang damai untuk negara," katanya.

Direktur Biro Budaya kota Ryazan, sebelah tengah Rusia mengatakan bahwa pameran tersebut akan membantu pengunjung untuk mengetahui lebih baik mengenai Korut dan keinginan kuat rakyat Korut untuk maju di masa depan yang bergantung juga pada pemimpin mereka.

Pesan selamat kepada Kim Jong Il diberikan pada pertemuan di Swedia.

Sekutu dekat Korut, China, juga memberikan hadiah kepada Kim Jong Il yang diberikan oleh direktur Asosiasi Beijing untuk Hubungan Internasional yang Bersahabat.

Hadiah diterima oleh duta besar Korut untuk China dan juga direktur asosiasi tersebut, Jin Xiafei, pada 25 Januari. KCNA tidak merinci jenis hadiah tersebut.
(KR-DLN/H-AK/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011