Pemkot Tomohon konsultasi Kemensos pemutakhiran data penerima bansos

Pemkot Tomohon konsultasi Kemensos pemutakhiran data penerima bansos

Wali Kota Caroll JA Senduk bersama dengan Bupati Minahasa Royke Roring dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey berkonsultasi dengan Kemensos terkait pemutakhiran data penerima bansos. ANTARA/HO-Humas

agar dapat lebih tepat sasaran
Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara  mengonsultasikan ke Kementerian Sosial mengenai pemutakhiran data penerima bantuan sosial.

"Konsultasi dengan Kemensos ini  dalam rangka pemutakhiran data penerima bantuan sosial di Kota Tomohon," kata Wali Kota Caroll JA Senduk di Tomohon, Rabu.

Baca juga: Mensos Risma: Anak-anak penerima bansos tidak boleh putus asa

Menurut dia, pemutakhiran data ini sangat penting agar dalam pendistribusian bantuan sosial tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan, selain itu agar tidak terjadi tumpang tindih dalam pemberian bantuan.

"Dari hasil konsultasi ini masih ada data-data yang belum sesuai dan perlu untuk diverifikasi dan divalidasi sampai ke tingkat kelurahan bahkan lingkungan," ujarnya.

Baca juga: Bank BTN pastikan penyaluran bansos dan BSU tepat sasaran

Verifikasi dan validasi data tersebut, nantinya akan menjadi menjadi tugas instansi terkait termasuk lurah dan kepala lingkungan.

Pemerintah Kota Tomohon melibatkan kepala lingkungan dan wakil kepala lingkungan dalam melakukan validasi data kependudukan agar penerima bantuan tepat sasaran.

Baca juga: Pemerintah tambah anggaran bansos miskin ekstrem di Jawa Barat

Menurut dia, kepala lingkungan dan wakil kepala lingkungan bertanggung jawab membantu pemerintah kelurahan dalam memvalidasi data kependudukan terutama  berkaitan dengan masyarakat penerima supaya tepat sasaran.

Walikota Tomohon yang dalam konsultasi ini bersama-sama dengan Bupati Minahasa Royke Roring dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, mereka diterima oleh Kepala Pusat Data dan Informasi (PUSDATIN) Kementerian Sosial RI Agus Zainal Arifin.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Pagi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar