Seoul (ANTARA News) - Pemain tengah Manchester United Park Ji-Sung, Senin mengatakan dirinya mundur dari timnas Korsel untuk memberi kesempatan kepada para pemain muda yang berpotensi.

Park yang telah 100 kali ikut memperkuat timnas Korsel dan selalu masuk tim untuk Piala Dunia, secara resmi memastikan mundur setelah pelatih nasional Cho Kwang-Rae mengumumkan pada Jumat, sebagaimana dikutip dari AFP.

Namun pemain berusia 29 tahun itu belum punya rencana untuk mundur dari sepakbola profesional dan masih berfikir untuk bermain sepakbola paling tidak tiga hingga empat tahun lagi.

"Saya mengumumkan mundur untuk membuka lebar pintu bagi para pemain muda karena pemain junior harus tumbuh untuk menggantikan saya," katanya.

"Seperti yang kami lihat selama pertandingan Piala Asia, ada beberapa pemain muda Korsel yang sangat potensial dan berbakat seperti Koo Ja-Cheol, Ji Dong-Won dan Son Heung-Min," tambahnya.

"Seperti saat saya mendapat kesempatan untuk berkembang dalam Piala Dunia 2002, saya pikir ini penting memberi kesempatan kepada para pemain junior menjadi generasi penerus," katanya.

Park mengalami sakit di lutut kanannya setelah dua kali menjalani operasi serius dan mengatakan itu menjadi salah satu faktor atas keputusannya untuk mundur.

Dia menyatakan punya masalah dengan jauhnya jarak dari Inggris ke Korsel dalam melakukan perjalanan, namun mengatakan tidak pernah berfikir untuk menolak bermain untuk negaranya.

"Saya pikir tanpa masalah kesehatan saya bisa terus berkarir internasional, tapi saya harus menerima situasi ini dan tidak menyesal," tambahnya.

Dia mengatakan tidak berencana kembali ke sepakbola internasional untuk ikut Piala Dunia di Brazil mendatang.

"Jika tim Korsel akan menuju Piala Dunia 2014, maka para pemain muda itu yang akan ikut, karena mereka punya kesempatan untuk bermain," katanya.

"Kepergian saya akan banyak membantu para pemain muda untuk menunjukkan bakat mereka dan kemampuan mereka selama Piala Asia merupakan persiapan untuk Piala Dunia mendatang," tambahnya.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011