Jakarta (ANTARA News) - PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF) menerbitkan Penawaran Umum Obligasi V WOM Finance Tahun 2011 dengan tingkat bunga tetap dengan jumlah pokok sebanyak-banyaknya sebesar Rp1 triliun.

Presiden Direktur WOMF, Suwandi Wiratno di Jakarta, Senin mengatakan, Penerbitan Obligasi V ini merupakan langkah strategis kembalinya WOM Finance ke pasar modal setelah berhasil melaksanakan konsolidasi usahanya dengan dukungan penuh dari PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) sebagai pemegang saham pengendali.

"Dengan penerbitan Obligasi V ini, WOM Finance akan terus melakukan diversifikasi sumber pendanaannya guna menunjang pertumbuhan bisnis yang terus meningkat secara pesat," katanya.

Ia mengatakan, Obligasi V WOM Finance mendapatkan peringkat AA (Double A, outlook stabil) dari PT Fitch Ratings Indonesia yang mencerminkan kuatnya dukungan bisnis dari BII sebagai pemilik mayoritas, dan dari Malayan Banking Berhad (Maybank) sebagai perusahaan induk BII.

"Dengan peringkat yang baik ini, manajemen WOM Finance yakin untuk kembali memanfaatkan pendanaan dari pasar modal untuk kebutuhan ekspansi usahanya," ujarnya.

Masa penawaran awal (bookbuilding) Obligasi V adalah dari tanggal 31 Januari hingga 14 Februari 2011. Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi Obligasi V ini adalah PT Danareksa Sekuritas, PT DBS Vickers Securities Indonesia, PT NISP Sekuritas dan PT OSK Nusadana Securities Indonesia. PT Bank Permata Tbk telah ditunjuk sebagai wali amanat.

Pada kesempatan yang sama, Suwandi mengatakan, perusahaan menargetkan total pembiayaan di 2011 naik sebesar 15 persen. Adapun total pembiayaan perseroan sebesar Rp7,3 triliun pada 2010.

Selain itu, lanjut dia, perseroan juga telah menyalurkan pembiayaan untuk kendaraan bermotor roda dua mencapai 620 ribu unit pada 2010.
(KR-ZMF/B012/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011