Mamuju (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, mulai melakukan supervisi pemutakhiran data pemilih untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan dilaksanakan medio 14 Mei 2011 mendatang.

"Sebagai langkah untuk mengontrol pelaksanaan pemutakhiran data pemilih pemilukada majene 2011, maka KPU Majene mulai saat ini hingga besok, Selasa (1/2) akan melakukan supervisi proses pemutakhiran data pemilih ke seluruh kecamatan dan desa/kelurahan, " Kata Anggota KPU Divisi Humas dan SDM KPU Majene, di Mamuju, Senin.

Menurut Surakhmat, dalam pelaksanaan supervisi pemutakhiran data pemilih tersebut maka ada beberapa hal yang akan dipantau diantaranya gambaran perkembangan proses pemutakhiran data pemilih di lapangan yang dilakukan oleh PPDP, kendala yang ditemui selama proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih dan penekanan bahwa waktu pelaksanaan coklit akan berakhir sampai tanggal 10 februari 2011.

"Pemutakhiran data pemilih ini sipatnya wajib dilakukan sebelum dilaksanakan epsta demokrasi tingkat lokal digelar," paparnya.

Surakhmat juga menjelaskan bahwa data pemilih hasil coklit tersebut selanjutnya akan diolah menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang akan diumumkan kepada publik untuk mendapatkan tanggapan dan masukan yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2011.

"Setelah dilakukan pengumuman DPS akan diberikan kesempatan untuk mendapat tanggapan dari publik hingga 3 Maret nanti. Selanjutnya DPS tersebut akan diperbaiki dengan mengakomodir pemilih tambahan yang memenuhi syarat, lalu kemudian atau yang terakhir akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilukada Majene yang diumumkan pada 23 Maret 2011,"paparnya.

Hasil penetapan DPT pilkada Majene ini kata dia, tidak akan lagi mengalami penambahan data pemilih karena tahapan pemutakhiran data sudah dilakukan.

Karenanya, jika ada warga yang belum terdata hingga sebelum penetapan DPT harus segera melaporkan kepada petugas yang ada di masing-masing daerah. (ACO/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011