UNP-MIPA LPTK Indonesia gelar MTQ tingkatkan penghayatan pada Alquran

UNP-MIPA LPTK Indonesia gelar MTQ tingkatkan penghayatan pada Alquran

Pembukaan MTQ Mahasiswa  tahun 2021 secara daring, Kamis. ANTARA/HO-UNP Padang.

Padang (ANTARA) - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang (FMIPA UNP) bersama Asosiasi MIPA LPTK Indonesia (AMLI) melaksanakan MTQ untuk meningkatkan penghayatan mahasiswa pada kandungan Al Quran.

Kegiatan ini bertemakan 'Melalui MTQM MIPA LPTK Indonesia, Kita Bentuk Generasi Saintis Qur'ani menuju negeri Indonesia yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur'.

"Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan penghayatan dan kandungan Al Quran, meningkatkan syiar Qurani di kalangan sivitas MIPA LPTK Indonesia, melestarikan seni dan budaya Qurani bangsa Indonesia," kata Ketua Panitia MTQ Drs Ardi, Kamis.

Ia mengatakan cabang musabaqah yang diperlombakan adalah cabang Tilawah, Tahfiz 5 dan 10 juz, Fahmil Quran, dan Syarhil Quran.

Baca juga: Ketua DPR berikan kuliah umum pada mahasiswa baru UNP

Baca juga: Kegiatan PEKERTI-AA di UNP banyak diminati dosen muda


Rektor UNP selaku ketua Asosiasi LPTK Indonesia, yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr Refnaldi, mengingatkan pentingnya mendekatkan diri kepada Al Quran di tengah pandemi saat ini.

MTQ ini juga hendaknya menjadi ajang silaturahmi, baik antar pimpinan, maupun antar mahasiswa se Indonesia. Rektor mengapresiasi banyaknya kegiatan-kegiatan yang diangkat oleh AMLI.

Kegiatan MTQ Mahasiswa AMLI tahun 2021 ini diikuti oleh 10 dari 12 LPTK Indonesia yaitu UNIMED, UNP, UNJ, UPI, UNY, UNNES, UNESA, UM, UNIMA, UNM, UNDIKSA dan UNG.

Rangkaian acara MTQ ini juga akan diisi dengan seminar Quran dan Sains yang diantaranya disampaikan oleh ilmuwan-ilmuwan kelas dunia, seperti Dr.Eng Khoirul Anwar (Penemu Dual FFT untuk Teknologi Komunikasi 4G, Telkom University) dan Prof. Dr. Yogi Ahmad Erlangga (ilmuwan matematika yang berhasil memecahkan persamaan Helmholtz, Zayed University, UEA).

Disisi lain, Ketua AMLI sekaligus dekan FMIPA UNP, Dr Yulkifli menyebutkan beberapa rangkaian kegiatan rutin tahunan, seperti konferensi internasional, webinar, KN MIPA, PKM 6 bidang, dan MTQ Mahasiswa.

Perlombaan dan seminar sendiri akan akan dilaksanakan pada 8 sampai 9 Oktober 2021 secara daring, dan dibuka untuk umum baik yang menghadiri zoom dan menonton di youtube.*

Baca juga: Kebakaran di Kampus PLB UNP Sumbar hanguskan dua mobil

Baca juga: Menpora buka Kuliah Kewirausahaan Pemuda di UNP

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wamenag buka MTQ V Korpri nasional di Kota Kendari

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar